Polisi Hutan Lacak Pendaki yang Viral Panjat Tugu Hargo Dumilah Puncak Lawu

Sugeng Harianto - detikNews
Minggu, 22 Agu 2021 18:13 WIB
viral pemuda panjat hargo dumilah
Pendaki yang viral naik ke Hargo Dumilah (Foto: Tangkapan layar)
Magetan -

Viral seorang pendaki beraksi memanjat tugu puncak Gunung Lawu dan mengibarkan bendera merah putih. Polisi Hutan KPH Lawu DS melacak dan mencari siapa pendaki tersebut.

"Intinya kita akan melacak itu video kapan karena kita tutup jalur pendakian selama PPKM. Kenapa bisa masuk mendaki ke puncak Gunung Lawu dan membuat ulah," Ujar Waka ADM KPH Lawu DS, Yudiono saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (22/8/2021).

Dalam pelacakan pelaku pemanjat tugu Hargo Dumilah puncak Gunung Lawu, kata Yudiono, selain menerjunkan Polhut, KPH Lawu DS akan berkordinasi dengan kepolisian serta TNI. Hal ini karena selain ada larangan pendaki memanjat tugu juga saat ini bertepatan masih pemberlakuan PPKM.

"Kita masih akan berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI juga, kemarin kami juga sudah ke Polsek Plaosan untuk terkait hal tersebut. Karena selain larangan bagi pendaki memanjat tugu juga saat ini kita masih menutup semua jalur pendakian karena masih PPKM," kata Yudiono.

Saat ditanya terkait sanksi bagi pendaki yang memanjat tugu Hargo Dumilah dan nekat masuk saat PPKM, Yudiono mengaku akan menyerahkan sepenuhnya ke kepolisian. "Nanti biar kepolisian yang bertindak yang jelas kita tidak membuka jalur pendakian Gunung Lawu selama PPKM," tandasnya.

Sebelumnya, ada dua potongan video pendek berdurasi 28 detik dan 5 detik menunjukkan pemuda tersebut berusaha memanjat tugu dan berdiri. Pada video berdurasi 28 detik tampak pemuda dengan kaos lengan pendek dibantu memanjat tugu oleh pemuda berkaos lengan panjang warna hitam.

Sambil tertawa kedua pemuda yang mengenakan celana panjang warga hitam ke abu-abu an dan berhasil memanjat tugu Hargo Dumilah, puncak Gunung Lawu.

Sementara itu dalam video kedua berdurasi 5 detik tampak terlihat dari orang yang berbeda. Kali ini pemuda mengenakan topi dan berkaos panjang corak hijau dengan bangga menyebut bisa mengulangi memanjat tugu puncak Lawu lagi.

Pemuda dengan memakai topi tersebut sengaja mengulangi naik ke puncak Lawu. Pemuda yang berhasil memanjat tugu puncak Gunung Lawu tersebut mengibarkan bendera merah putih dengan kedua tangannya.

(iwd/iwd)