Viral Pendaki Panjat Tugu Hargo Dumilah Puncak Gunung Lawu

Sugeng Harianto - detikNews
Minggu, 22 Agu 2021 15:30 WIB
viral pemuda panjat hargo dumilah
Viral pendaki naik dan kibarkan bendera di Hargo Dumilah (Foto: Tangkapan layar)
Magetan -

Seorang pemuda beraksi memanjat tugu puncak Gunung Lawu sambil mengibarkan bendera merah putih. Video tingkah pemuda itu pun viral.

Ada dua potongan video viral tersebut. Video pertama berdurasi 28 detik sementara video kedua berdurasi sangat singkat, hanya 5 detik.

Video tersebut menunjukkan pemuda itu berusaha memanjat tugu dan berdiri. Pada video berdurasi 28 detik tampak pemuda dengan kaos lengan pendek dibantu memanjat tugu oleh pemuda berkaos lengan panjang warna hitam.

Sambil tertawa, kedua pemuda yang mengenakan celana panjang warga hitam ke abu-abu an dan berhasil memanjat tugu Hargo Dumilah, puncak Gunung Lawu.

viral pemuda panjat hargo dumilahviral pendaki panjat Hargo Dumilah (Foto: Tangkapan layar)

"Ha ha ha, awas hati-hati oi ha ha. Madep mrene tak foto (hadap sini saya foto)," ucap suara seorang pria yang mengabadikan aksi mereka seperti yang dilihat detikcom, Minggu (22/8/2021).

Sementara video kedua berdurasi 5 detik terlihat direkam orang yang berbeda. Kali ini pemuda yang mengenakan topi dan berkaos panjang corak hijau dengan bangga menyebut bisa mengulangi memanjat tugu puncak Lawu lagi.

Pemuda dengan memakai topi tersebut sengaja mengulangi naik ke puncak Lawu. "Kemarin saya viral naik sini. Saya naik sini lagi," ucap pemuda sambil berdiri dengan kedua kaki berada di antara lambang Garuda.

Pemuda yang berhasil memanjat tugu puncak Gunung Lawu tersebut mengibarkan bendera merah putih menggunakan kedua tangannya.

Humas KPH Lawu DS, Eko Santoso, membenarkan gambar rekaman video tersebut adalah tugu puncak Gunung Lawu. "Betul itu puncak Lawu. Tapi kita belum menerima laporan terkait itu," ujar Eko.

Eko memastikan bahwa selama PPKM sejak awal Juli 2021 tiga jalur pendakian ke Puncak Lawu dilakukan penutupan. "Teman-teman sudah saya tanya dan tidak ada yang tahu masuk lewat mana karena tiga jalur pintu masuk tutup semua," kata Eko.

Eko menambahkan tiga jalur pendakian puncak Gunung Lawu yang ditutup semua yakni di wilayah Magetan Cemoro Sewu dan Singolangu. Kemudian satu jalur di Karanganyar Jateng Cemorokandang juga ditutup.

"Kita tutup semua dua jalur di Magetan dan satu jalur di Karanganyar Jateng. Kita sudah meminta tidak ada pendaki yang nekat naik saat penutupan jalur pendakian baik via Cemoro Sewu dan Singolangu dan Cemoro Kandang," tandasnya.

(iwd/iwd)