Momen Pengguna Jalan di Kediri Kompak Hormat Bendera dan Nyanyi Lagu Kebangsaan

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 12:16 WIB
hening cipta di kediri
Warga Kota Kediri menghormat kepada bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Kediri -

Polisi menghentikan menghentikan kendaraan yang melintas di Kota Kediri. Polisi kemudian mengajak pengguna jalan bersikap tegak dan siap lalu menghormat kepada bendera merah putih di simpang Jembatan Brawijaya.

Imbauan berhenti dan ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sambil hormat pada bendera tersebut dikomando oleh Kanit Dikyasa Polres Kediri Kota Ipda Isdiyat. Aksi tersebut mendapatkan respons yang sangat positif dan diikuti oleh pengguna jalan dengan antusias.

"Saya imbau dan ajak warga pengguna jalan agar sejenak turun dan matikan mesin kendaraan agar ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dan hormat bendera. Sekaligus kita ajak warga meningkatkan rasa nasionalisme di masa pandemi COVID-19 agar tidak putus asa dan terus semangat berjuang malawan keadaan," kata Isdiyat kepada detikcom, Selasa (17/8/2021).

hening cipta di kediriFoto: Andhika Dwi Saputra

Antusias warga dan semangat nasionalisme itu tampak pada ratusan warga, yang berada di simpang jalan utama Kota Kediri. Begitu mendengar ada suara sirene dan imbauan dari Isdiyat menggunakan pelantang suara, pengguna jalan baik motor, mobil, sepeda hingga penjaga toko dan warga yang kebetulan berbelanja kebutuhan pokok di sekitar lokasi, langsung melakukan sikap sempurna dan hormat bendera sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Tak sedikit pula warga yang meneteskan air mata karena terharu dan larut dalam suasana. Seperti yang ditunjukkan oleh Dilla dan Tiza saat berhenti di lampu traffic light Brawijaya Kota Kediri.

"Tadinya saya pikir ada pemeriksaan STNK oleh polisi, tapi ternyata diajak berhenti, mengheningkan cipta, hormat bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta meneriakkan pekik kemerdekaan. Sangat terharu, rasanya semangat nasionalisme kita terbakar sebagai generasi muda. Apalagi di masa PPKM ini, banyak yang mungkin dalam masa sulit, tapi sejenak rasa itu terobati dengan bersama menggheningkan cipta dan bersama mengenang jasa pahlawan kemerdekaan," kata Dilla.

hening cipta di kediriFoto: Andhika Dwi Saputra

Senada dengan Dilla dan Tiza, Adi warga Banjaran Kota Kediri sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh anggota Polres Kediri Kota, di masa pandemi COVID-19.

"Saya sempat sangat terharu bersama dengan pengguna jalan lainnya, sejenak saya merasa senasib sepenanggungan dengan yang lainnya menghormati jasa para pahlawan," jelas Adi

Usai melaksanakan kegiatan mengheningkan cipta, aksi anggota Satlantas Polres Kediri Kota tersebut sontak mendapat apresiasi berupa tepuk tangan bersama sehingga membuat suasana semakin khidmat dan haru.

Di hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, detikcom punya acara seru untuk detikers yaitu Parade 17an di detikcom yang bisa kamu akses melalui https://www.detik.com/parade17an/

(iwd/iwd)