Hening Cipta Polisi dan Pengguna Jalan di Sidoarjo Lanjut Nyanyi Lagu Kebangsaan

Suparno - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 11:23 WIB
hening cipta di sidoarjo
Polisi mengajak pengguna jalan di Sidoarjo mengheningkan cipta (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Pengendara yang tengah melintas di sejumlah titik di jalan protokol di Sidoarjo tiba-tiba dihentikan polisi. Polisi kemudian mengajak pengguna jalan untuk mengheningkan cipta selama 3 menit dalam rangka HUT ke-76 RI.

Mengeningkan cipta dimulai pukul 10.17 WIB yang salah satunya dilakukan di Jalan Ahmad Yani tepatnya di simpang empat alun-alun Sidoarjo

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Wikha Ardilestanto mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2021. Dalam peringatan tersebut pihaknya menghentikan semua pengendara yang melintasi di jalan protokol di Sidoarjo.

"Mengheningkan cipta ini merupakan peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2021 di Sidoarjo," kata Wikha usai melakukan kegiatan di simpang empat alun-alun Sidoarjo, Selasa (17/8/2021).

hening cipta di sidoarjoPolisi memimpin mengheningkan cipta dan menyanyikan lagu perjuangan (Foto: Suparno)

Wikha menjelaskan kegiatan yang dilakukan di beberapa ruas jalan di wilayah Sidoarjo ini mengimbau para pengendara agar berhenti sejenak. Agar mereka turun dari kendaraannya untuk mengheningkan cipta selama 3 menit.

"Selain dihentikan mereka juga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya," jelas Wikha.

Wikha menambahkan pihaknya mengajak warga Sidoarjo yang sedang mengendarai kendaraan bermotor untuk berhenti sejenak turun dari kendaraan untuk peringati HUT ke-76 RI. Selain itu mereka juga diberikan bendera Merah Putih untuk memotivasi rasa nasionalisme kepada masyarakat.

"Usai mengheningkan cipta, dan menyanyikan lagu kebangsaan semua pengendara melanjutkan perjalanan," tandas Wikha.

Gerakan ini direspons positif oleh Dhimas Kurniawan (23), salah satu pengguna jalan yang mengaku bahwa kegiatan yang dilakukan oleh polisi ini merupakan kegiatan yang sangat positif. Agar generasi penerus bangsa juga selalu ingat dengan jasa para pahlawan.

"Gerakan heningkan cipta meski di jalan, tapi maknanya sangat bagus sekali. Agar generasi penerus bangsa ini selalu pengenang jasa para pahlawan," kata Dhimas.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Finda Rahayu (21) yang mendukung gerakan mengheningkan cipta ini, "Bagus lah, gerakan secara serentak di jalan, bisa memberikan edukasi kepada kaum milenial. Agar mengerti bahwa seorang pahlawan mempertahankan tanah air itu nyawa taruhannya," kata Finda.

Di hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, detikcom punya acara seru untuk detikers yaitu Parade 17an di detikcom yang bisa kamu akses melalui https://www.detik.com/parade17an/

(iwd/iwd)