Pengguna Jalan di Kota Pahlawan Bersikap Sempurna-Beri Hormat Bendera di HUT RI

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 11:35 WIB
hening cipta di surabaya
Warga dan polisi bersikap hormat kepada bendera merah putih (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Sejumlah pengendara di jalanan Kota Pahlawan turun dari kendaraan lalu bersikap sempurna dan memberi hormat kepada bendera merah putih. Aksi itu dilakukan tepat pada pukul 10.17 WIB untuk memprringati HUT ke-76 Republik Indonesia.

Pantauan detikcom di Jalan Bundaran Dolog, Jalan Ahmad Yani misalnya, para pengendara R4 maupun R2 langsung diberhentikan polisi. Mereka kemudian diberi bendera merah putih.

Sesaat setelah itu, sirene berbunyi dan para pengendara langsung diberi aba-aba untuk bersikap sempurna dan memberi hormat kepada bendera merah putih. Mereka memberi hormat selama 3 menit diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Salah satu pengendara Abdul Rahman (30) yang berhenti dan memberi hormat mengaku senang dengan acara itu. Sebab hal ini baru pertama kali dilakukannya.

"Ya sangat senang meski sebentar. Paling tidak kita harus menghargai jasa pahlawan dahulu yang sudah berjuang. Dan ini baru pertama kalinya," ujar Rahman, Selasa (17/8/2021).

Rahman juga berharap, di usia yang ke-76 tahun ini, Republik Indonesia bisa tambah maju sebagai sebuah negara. Tak lupa ia berdoa agar pandemi COVID-19 juga cepat berlalu.

"Ya semoga tambah maju seperti motonya Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Dan tentu semoga pandemi ini juga berlalu," terang Rahman.

Dirlantas Polda Jatim Kombes Latif Usman mengatakan kegiatan berhenti dan hormat kepada bendera merah putih ini merupakan instruksi pusat. Tak hanya di Jatim tapi juga di seluruh Indonesia. Adapun bendera yang dibagi mencapai 76 ribu buah.

"Kegiatan ini pesannya untuk menumbuhkembangkan nasionalisme dan rasa hormat kepada bendera merah putih. Ini secara keseluruhan tak hanya di Surabaya atau Jatim saja. Karena ini merupakan instruksi dari pusat," katanya.

"Jadi tadi tepat pukul 10.17 WIB sampai 10.20 WIB pengendara wajib berhenti sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hormat kepada bendera merah putih," tandas Latif.

Di hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, detikcom punya acara seru untuk detikers yaitu Parade 17an di detikcom yang bisa kamu akses melalui https://www.detik.com/parade17an/

(iwd/iwd)