Tiga Kabupaten/Kota di Jawa Timur Zona Merah COVID-19

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 19:10 WIB
Ini Daftar Zona Merah COVID-19 di Jawa Timur
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Kasus COVID-19 di Jawa Timur terus melonjak setiap hari. Terbaru pada Selasa (29/6), ada 1.065 kasus baru COVID-19. Bagaimana zonasi di 38 Kabupaten/Kota di Jatim?

Jubir Satgas COVID-19 Jatim Dr Makhyan Jibril mengatakan, tiga daerah di Jatim masuk zona merah.

"Saat ini ada tiga, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Kota Madiun," ujar Jibril kepada detikcom, Selasa (29/6/2021).

Jibril menjelaskan, ketiga daerah tersebut sebelumnya masuk zona oranye COVID-19. Namun, pada pekan ini masuk zona merah COVID-19. "Kita lihat penambahan kasus harian di tiga daerah tersebut cukup tinggi, dan angka kematian juga lumayan," imbuhnya.

Baca juga: Kasus Corona Naik, Bondowoso Jadi Zona Merah COVID-19

Sementara, tiga daerah yang sebelumnya masuk zona merah, yakni Bangkalan, Ponorogo, dan Ngawi, kini masuk zona oranye COVID-19.

"Pasca intervensi dari Satgas Jatim yang dikomando oleh Ibu Gubernur khususnya di Bangkalan yang selama ini telah menjadi fokus dengan PPKM Mikro dan penambahan RS Darurat Lapangan, ditambah dengan ekspansi bed maupun penguatan PPKM Mikro di Ngawi dan Ponorogo. Ketiga daerah tersebut sudah terbebas dari zona merah," terangnya.

Namun, Jibril berpesan kepada seluruh Kabupaten/Kota agar sangat serius menangani pelonjakan kasus COVID-19 saat ini.

"Sesuai arahan Ibu Gubernur, harus sangat waspada. Bahwa zona merah juga bertambah di tempat lain, yakni di Banyuwangi, Bondowoso, dan Kota Madiun. Mereka akan menjadi menjadi sasaran intervensi lebih detail ke depannya," pungkasnya.

Baca juga: Banyuwangi Berubah Status Zona Merah Corona

Berikut detail zonasi di 38 Kabupaten/Kota di Jatim:

- Zona Merah (3 Kabupaten/Kota)
Banyuwangi, Bondowoso, Kota Madiun

- Zona Oranye (34 Kabupaten/Kota)
Trenggalek, Jember, Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Situbondo, Pacitan, Kabupaten Kediri, Jombang, Kabupaten Blitar, Kota Pasuruan, Tulungagung, Gresik, Magetan, Kota Kediri, Kota Malang, Sampang, Kota Probolinggo, Kota Blitar, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Nganjuk, Kota Surabaya, Kota Batu, Bojonegoro, Tuban, Kota Mojokerto, Lamongan, Kabupaen Madiun, Lumajang, Pamekasan, Bangkalan, Ngawi, Ponorogo, Sumenep

- Zona Kuning (1 Kabupaten/Kota)
Kabupaten Probolinggo

Simak Video: Ini 20 Wilayah Zona Merah Covid-19, Jawa Tengah Terbanyak!

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)