Kasus Corona Naik, Bondowoso Jadi Zona Merah COVID-19

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 17:58 WIB
Satgas COVID-19 Bondowoso
Jubir Satgas COVID-19 Bondowoso dr Mohamad Imron/Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom
Bondowoso -

Lonjakan kasus COVID-19 terjadi di Bondowoso. Saat ini, kabupaten berjuluk Kota Tape ini menjadi zona merah COVID-19.

Dalam data yang dihimpun, Bondowoso berstatus zona merah atau berisiko tinggi dalam penyebaran COVID-19 bersama 3 daerah lainnya di Jatim. Yakni Banyuwangi, Situbondo dan Kota Madiun.

"Data per sore ini, Bondowoso memang berada di zona merah," kata Jubir Satgas COVID-19 Bondowoso dr Mohamad Imron saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: Banyuwangi Berubah Status Zona Merah Corona

Imron menyebutkan, ada 14 indikator yang menentukan zonasi COVID-19 sebuah daerah. Di antaranya tingkat pertambahan kasus positif COVID-19, angka kematian dan ketersediaan bed isolasi.

"Yang menentukan memang bukan kami, tapi pusat. Dengan indikator yang saya sebutkan tadi. Dan per hari ini Bondowoso memang jadi zona merah COVID-19," papar Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso ini.

Lebih jauh ia memaparkan, perubahan zona COVID-19 tersebut bisa menjadi cambuk bagi masyarakat dan elemen lainnya, untuk lebih ketat menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Jatim Tambah 1.081, Terbanyak dari Kabupaten Mojokerto

"Untuk sementara kita tunda dulu potensi kerumunan yang melibatkan masyarakat banyak. Misal acara keagamaan, olahraga, serta lainnya. Dengan kondisi ini (zona merah), kita harus lebih tingkatkan disiplin prokes," lanjutnya.

Lonjakan kasus COVID-19 terjadi di Bondowoso dalam beberapa hari terakhir dan kini jadi zona merah COVID-19. Bahkan beberapa hari lalu, Bondowoso sempat menjadi penyumbang tambahan kasus COVID-19 terbanyak di Jawa Timur. Yakni 75 kasus dalam satu hari.

Tak hanya itu, angka kematian dalam kasus COVID-19 juga naik dalam beberapa hari terakhir. Bahkan pernah ada 9 kasus kematian akibat COVID-19 dalam sehari.

(sun/bdh)