Ada Bau Harum Tercium di Balik Viralnya Jenazah Ditemukan Utuh di Bojonegoro

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 15:54 WIB
Bojonegoro - Ditemukannya kain kafan utuh di pemakaman Andongsari, Ledok Kulon, Bojonegoro, viral. Ada bau harum tercium saat kain kafan tersebut diangkat.

"Mengeluarkan bau harum sesaat saat diangkat," ujar Subakir, salah satu penggali makam kepada detikcom, Selasa (1/6/2021).

Subakir tak bisa menjelaskan mengapa bau harum itu tiba-tiba muncul. Yang dia lakukan hanyalah terus melanjutkan pekerjaannya. Namun bau harum itu tak hanya dia saja yang merasakan, empat teman dia lainnya sesama penggali makam juga menciumnya.

"Yang lain juga mencium, aroma harum saat diangkat," kata Subakir.

Penggalian tanah dan pengangkatan kain kafan itu melibatkan 9 orang yang di antaranya adalah Sholikin, Subakir, Irwan, Dwi, dan, Sunan. Mereka awalnya menggali sebuah petak tanah yang akan dijadikan liang lahat jenazah Sugeng yang baru saja meninggal.

Penggalian makam pada Minggu (30/5) itu ternyata dikejutkan oleh penampakan kain kafan saat tanah digali pada kedalaman sekitar 1,3 meter. Kain kafan tersebut lalu diangkat.

"Kain putih berisi tulang jasad, masih menyatu dan utuh. Tidak ada dagingnya atau kulit dan tidak diketahui identitasnya," tandas Subakir. (iwd/iwd)