Viral Jenazah Ditemukan Utuh di Bojonegoro, Ini Fakta Sebenarnya

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 14:52 WIB
Bojonegoro -

Di Bojonegoro viral adanya jenazah ditemukan masih utuh saat dilakukan penggalian makam. Ternyata ada fakta sebenarnya di balik kabar viral tersebut.

Kabar jenazah utuh tersebut dibantah oleh Subakir, salah satu penggali makam. Subakir mengatakan tak ada jenazah di dalam kain kafan yang ditemukan. Yang utuh adalah kain kafan, bukan jenazah.

"Kain putih berisi tulang jasad, masih menyatu dan utuh. Tidak ada dagingnya atau kulit dan tidak diketahui identitasnya," ujar Subakir saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (1/6/2021).

Subakir mengatakan dirinya yang turut serta dalam penggalian dan pengangkatan kain kafan mengatakan juga ditemukan sajadah yang menutup kain kafan.

"Ditemukan sajadah juga," kata Subakir.

Polisi juga membenarkan bahwa tak ada jenazah utuh yang ditemukan. Itu setelah polisi mengkonfirmasi keterangan warga dan penggali makam.

"Dari keterangan beberapa penggali tadi, informasinya ditemukan kain kafan yang berisi tulang yang keadaannya masih utuh atau menyatu," Jelas Kasat Reskrim Polres Bojonegoro AKP Fran Delanta Kambaren.

Penemuan kain kafan utuh berisi tulang tersebut terjadi pada Minggu (30/5) sore di pemakaman Andongsari, Bojonegoro. Saat itu ada seorang warga bernama Sugeng meninggal. Juru kunci kuburan kemudian menunjuk sebuah tanah yang kosong agar digali untuk makam Sugeng. Namun saat digali pada kedalaman sekitar dada orang dewasa, ditemukanlah kain kafan tersebut.

(iwd/iwd)