Urban Legend 2021

Syech Subakir, Waliyullah yang Dipercaya Mensucikan Tanah Jawa

Ainur Rofiq - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 03:51 WIB
makam syech subakir
Makam Syech Subakir (Foto: Ainur Rofiq)
Tuban -

Dijulukinya Tuban sebagai Bumi Wali ternyata benar adanya. Selain makam Sunan Bonang, ternyata banyak makam waliyullah yang tak terlihat atau biasa disebut rijalul gaib yang tersebar di beberapa lokasi.

Salah satunya yakni makam waliyullah Syech Subakir yang berada di 22 kilometer barat kota Tuban yang tak jauh dari pesisir pantai laut utara.

"Itu makamnya wali Syech Subakir. Hanya sekitar 50 meter itu sudah bibir pantai" terang Juru kunci keturunan ke 6, Darkum kepada detikcom, Minggu (1/5/2021).

Syech Subakir menurut cerita para leluhur, merupakan seorang warga Persia yang diutus oleh Sultan Muhammad Fatih menyebarkan Agama Islam di bumi Jawa. Syech Subakir datang dengan menggunakan kapal besar dan singgah pertama kali di Tanjung Awar-Awar, Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Tuban.

makam syech subakirKomplek makam Syech Subakir (Foto: Ainur Rofiq)

"Pertama kali ya di sini. Beliau tiba di Pulau Jawa untuk menyebarkan ajaran Islam. Karena sebelumnya banyak utusan dari Istambul Turki yang gagal karena angkernya tanah Jawa," tutur Darkum di komplek makam.

Diceritakan oleh sang juru kunci, Pulau Jawa dahulu masih hutan belantara. Bahkan antara manusia, jin dan setan itu perbandingannya manusianya sedikit.

Dalam perjalanannya berdakwah di Pulau Jawa, Syech Subakir melakukan dakwah di daerah Magelang Jawa Tengah, dan menjadikan Gunung Tidar sebagai pesantrennya.

"Gunung Tidar itu pusernya Pulau Jawa. Sehingga pusaka Syech Subakir ditancapkan di atas Gunung Tidar sehingga banyak jin setan kepanasan dan mati setelah tanah Jawa dipakubumi oleh kanjeng Subakir," Imbuh Darkum.

Karena saking panasnya bumi Jawa, Sabdo Palon yang selama kurang lebih 9.000 tahun bertapa di gunung akhirnya keluar karena terusik dan melawan adu kesaktian dengan Syech Subakir selama 40 hari 40 malam hingga Sabdo Palon kalah dan akhirnya munculah perjanjian dengan Syech Subakir.

Kesaktian waliyullah Syech Subakir terkenal dengan ahli memasang tumbal atau jimat. Wali yang termasuk rijalul gaib ini sangat dikenal sebagai wali keramat karena keberhasilannya mensucikan sejumlah tempat di Jawa agar kelak bisa dihuni oleh umat Islam.

Pada hari biasa dan Ramadhan, makam Syech Subakir di Tuban tak pernah sepi bagi para peziarah yang ingin ngalap berkah.

Lihat juga video 'Toleransi Beragama, Pemuda Nasrani Mamasa Selawat dengan Musik Bambu':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)