Di Petilasan Syekh Subakir Ada Prasasti Kerajaan Kadiri

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 10:23 WIB
Menengok Petilasan Syekh Subakir, Ulama Sebelum Wali Songo yang Diziarahi Semua Agama
Prasasti di Makam Syekh Subakir Blitar (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Makam para ulama di Nglegok, Blitar, ini diyakini sudah ada, jauh sebelum ada Wali Songo. Karena Syekh Subakir diutus oleh Sultan Muhammad I dari Kekaisaran Ottoman di Turki pada tahun 1404 M.

Begitu juga keempat muridnya yang dari cerita tutur, meneruskan syiar Islam di kawasan Nglegok. Yakni Syekh Badruddin, Syekh Badruz Zam'an dan Syekh Badrul Alim dan Syech Marzuki.

Sementara, Agus Hermawan dan Roko Patria Jati dalam jurnal 'Studi Islam Nusantara' (2019) menyebut, era Wali Songo menandai akhir dari era Hindu-Budha di Nusantara. Wali Songo adalah simbol penyebaran Islam dan pendirian kerajaan Islam di Jawa. Mulai Kesultanan Cirebon (1430 - 1666), Kesultanan Demak (1500 - 1550), Kesultanan Banten (1524 - 1813 ), atau Kesultanan Yogyakarta dan Surakarta.

Namun menariknya, sebuah batu andesit berupa prasasti dipasang sebagai nisan di makam Syekh Badruddin menunjukkan angka tahun yang jauh lebih tua. Prasasti berupa inskripsi itu dalam aksara dan bahasa Jawa Kuno itu tertulis angka 1130 Saka atau 1208 Masehi.

Berikut inskripsi dari hasil pembacaan Arlo Griffith

1330
dhibhutabhava
krtalan

Tonton juga Video: Alasan Ustaz Maaher Dimakamkan di Samping Makam Syekh Ali Jaber

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2