Gempa M 6,1 Malang Terasa Mulai Sumbawa Hingga Jogja, Ini Penjelasan Pakar

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 15:45 WIB
gempa malang
Foto: Tangkapan layar
Surabaya - Gempa bumi 6,1 magnitudo mengguncang barat daya Kabupaten Malang. Gempa Malang ini terasa di hampir seluruh wilayah Jawa Timur hingga luar Jatim. Apa penyebabnya?

Pakar geologi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Amien Widodo mengatakan magnitudo gempa yang cukup tinggi membuat gempa terasa di sejumlah wilayah.

"Iya karena magnitudonya besar, laporan BMKG juga menyebut wilayah yang terdampak luas," kata Amien saat dihubungi detikcom di Surabaya, Sabtu (10/4/2021).

Amien menyebut gempa ini cukup besar. Wilayah tersebut juga memang rawan terjadi gempa.

"Iya daerah itu sudah sering karena memang semua kabupaten di Jawa bagian selatan itu daerah yang rawan gempa. Mulai dari gempa sampai Magnitudo 8. Ini 6,7 ini ya cukup sedang lah," imbuhnya

Sebelumnya, Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami.

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG melaporkan gempa tersebut terjadi pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB. Titik koordinat gempa terjadi pada 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur. Episenter gempa berada di laut dengan jarak 90 km dari arah barat daya Kabupaten Malang. Gempa Malang memiliki kedalaman 25 km.

Belum diketahui ada atau tidaknya dampak dari gempa ini. Begitu juga dengan korban jiwa (hil/iwd)