Gempa Malang M 6,1 Terasa Hingga Magelang: Mak Liyut!

ADVERTISEMENT

Gempa Malang M 6,1 Terasa Hingga Magelang: Mak Liyut!

Eko Susanto - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 15:35 WIB
Seismograf, alat pencatat getaran gempa, Ilustrasi gempa bumi
Foto: Seismograf, alat perekam getaran gempa (Robby Bernardi/detikcom)
Magelang -

Gempa Malangmagnitudo 6,1 siang ini terasa hingga Magelang, Jawa Tengah. Getaran gempa tersebut juga dirasakan hingga di wilayah Kabupaten Magelang dan Kota Magelang.

Salah seorang warga Kota Magelang, Kurniawati, mengaku merasakan getaran gempa tersebut saat berada di depan komputer. Saat itu, kursi yang diduduki goyang sebentar.

"Saya saat di depan komputer merasakan getaran 'mak liyut'. Terus mencari informasi dari grup WhatsApp (WA) menyampaikan telah terjadi gempa," ujarnya saat ditemui di Kota Magelang, Sabtu (9/4/2021).

Menurutnya, getaran tersebut hanya dirasakan sebentar saja. Kemudian, saat itu tetap berada di depan komputer untuk menyelesaikan pekerjaannya.

"Saya tetap melakukan mengetik," tuturnya.

Merujuk informasi BMKG, disampaikan bahwa gempa bumi yang terjadi pada pukul 14.00 WIB hari ini terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Malang, Jawa Timur. Kedalaman gempa ini 80 km.

"Gempa bumi ini merupakan merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik," tulis BMKG.

Adapun guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Malang, Blitar, Kediri, Trenggalek, Jombang Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Yogyakarta, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar, Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Banjarnegara.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Semula, gempa Malang tercatat bermagnitudo (M) 6,7. Kini, BMKG memutakhirkan datanya. Gempa Malang bermagnitudo (M) 6,1.

"Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo M 6,7 kemudian di-update menjadi magnitudo M 6,1," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, lewat keterangan tertulis, hari ini.

Simak Video: Gempa M 6,7 di Malang, Terasa Hampir di Seluruh Jatim

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT