Di Surabaya, Vaksinasi COVID-19 Tetap Digelar Siang Meski Ramadhan

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 12:43 WIB
Pemkot Target 3 Minggu Rampungkan Vaksinasi Kepada Nakes
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita/Foto: Esti Widiyana
Surabaya - MUI sudah menyampaikan bahwa vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa. Sehingga Pemkot Surabaya tetap menggelar vaksinasi seperti biasa, yaitu siang hari.

"Ya Mbak, insyaallah siang hari. Seperti biasanya," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita saat dihubungi detikcom, Kamis (8/4/2021).

Kemudian Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara juga mengatakan, vaksinasi COVID-19 tetap digelar selama Ramadhan. Terlebih setelah MUI menyampaikan bahwa vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa.

"Puasa tetap berjalan vaksinasi, tetap suntik. Arahan ulama tidak membatalkan puasa," kata Febri.

Menurut Febri, teknis vaksinasi untuk Ramadhan juga telah ditetapkan. Ada sejumlah lokasi untuk vaksinasi COVID-19.

Pertama, vaksinasi COVID-19 tetap dilakukan di fasilitas kesehatan (faskes) yang tersedia. Kedua, bisa dilakukan di tempat ibadah.

"Mendekatkan pelayanan. Namun baru sebatas rencana ini," terangnya.

Kepada masyarakat yang masih takut vaksinasi membatalkan puasa, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berpesan agar tidak ragu.

"Insyaallah saya menyampaikan kepada seluruh masyarakat Surabaya untuk tetap bisa divaksin sesuai dengan fatwa MUI Kota Surabaya, kalau itu diperbolehkan. Jangan pernah ragu bahwa vaksin yang dilakukan pada pagi hari, siang hari atau pada waktu kita menjalankan ibadah puasa itu tidak membatalkan puasa," Jelasnya

"Karena fa insyaallah MUI akan memberikan fatwa terkait itu sehingga kita sebagai umat Muslim yakin bahwa vaksin tidak membatalkan puasa," pungkasnya.

Lihat juga Video: Vaksinasi di Surabaya Membeludak, Peserta Abaikan Jaga Jarak

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)