Lamongan Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka di Tahun Ajaran Baru

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 17:46 WIB
Lamongan mengaku siap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) di tahun ajaran baru 2021. Pasalnya, protokol kesehatan di Lamongan sudah mulai terlatih dengan simulasi dan adaptasi kenormalan.
Sekolah tatap muka di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom
Lamongan -

Lamongan mengaku siap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) di tahun ajaran baru 2021. Pasalnya, protokol kesehatan di Lamongan sudah mulai terlatih dengan simulasi dan adaptasi kenormalan.

Kepala Dinas Pendidikan Lamongan Adi Suwito meyakini, lembaga pendidikan di Lamongan siap melaksanakan PTM, sesuai instruksi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

"Apabila Pak Menteri menyampaikan harus siap pembelajaran tatap muka tahun ajaran baru, Lamongan sangat siap sekali karena perilaku itu sudah mulai terlatih dengan simulasi dan adaptasi kenormalan," kata Adi kepada wartawan saat ditemui di kantornya Jalan KH Ahmad Dahlan, Kamis (25/3/2021).

Menurut Adi, kesiapan Lamongan juga seiring dengan status penyebaran COVID-19 yang sudah berada di zona kuning. Apalagi, sebagian tenaga pendidikan, kepala sekolah, pengawas dan jajaran Dinas Pendidikan Lamongan sudah menerima vaksinasi COVID-19. Di mana salah satu tujuannya untuk mempercepat pelaksanaan PTM secara keseluruhan.

"Yang terpenting, pelaksanaan pembelajaran tatap muka harus memprioritaskan keselamatan dan kesehatan anak didik. Kalau anak didik masuk full saat tahun ajaran baru sangat siap. Tentunya tetap mengacu pada aturan pemerintah daerah dan komite sekolah sebagai perwakilan orang tua," ujarnya.

Tahap pertama vaksinasi COVID-19 untuk para guru di Lamongan, Adi menyebut, ada seribu sasaran. Namun, seiring bertambahnya waktu pihaknya berharap ada tambahan kuota vaksinasi, agar seluruh pendidik dan tenaga pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK di Lamongan didahulukan vaksinasinya.

(sun/bdh)