Jaga Produktivitas, Pemkab Banyuwangi Keliling Periksa Hewan Ternak

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 14 Mar 2021 13:35 WIB
Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi membuka pelayanan kesehatan keliling untuk hewan ternak. Secara rutin, tim dokter hewan dan tenaga kesehatan dari pusat kesehatan hewan (Puskeswan) berkeliling ke berbagai wilayah, untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada hewan ternak milik warga.
Bupati Ipuk memberi makan sapi/Foto: Ardian Fanani/detikcom

Ditambahkannya, selain kegiatan keliling, pemeriksaan kesehatan gratis ini juga melayani panggilan via telepon bagi warga yang hewan ternaknya sakit. "Kami juga punya tim dokter hewan dan tenaga kesehatan di kecamatan-kecamatan yang siap on call," terang Arief.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meminta layanan kesehatan hewan ternak keliling itu terus ditingkatkan. Ipuk berharap, dengan layanan jemput bola ini penanganan kesehatan terhadap hewan ternak tertangani semakin cepat dan tepat, untuk menekan kerugian yang dialami peternak.

"Apabila masalah kesehatan hewan ternak bisa segera diatasi, maka akan menghindari kerugian yang lebih besar bagi peternak," kata Ipuk.

Ipuk sempat meninjau kegiatan layanan keliling tersebut di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo pada 11 Maret 2021 lalu. Saat itu, sebanyak 100 sapi milik warga mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis oleh petugas.

"Ini pelayanan yang bagus, dan kami sangat terbantu. Dengan layanan rutin ini, ternak tidak harus sakit dahulu baru diperiksa. Kami juga langsung bisa konsultasi tentang ternak kami dengan petugas kesehatan," ujar Mardiyanto, salah satu peternak sapi asal Desa Kalipait.

Halaman

(sun/bdh)