Saat Mahasiswa Papua di Jombang, Mojokerto dan Banyuwangi Dikunjungi Polisi

Enggran Eko Budianto, Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 15:50 WIB
Sambangi Asrama Mahasiswa Papua di Jombang, Ini yang Dilakukan Polisi
Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang -

Mahasiswa Papua di Jombang mendapat bantuan sembako, masker dan kebutuhan pokok lainnya dari polisi. Polisi juga kerja bakti membersihkan asrama mahasiswa Papua tersebut.

Aksi sosial polisi kali ini menyasar asrama mahasiswa Papua di Desa Mancar, Kecamatan Peterongan, Jombang. Asrama ini dihuni sekitar 30 mahasiswa asal Papua. Rombongan Polres Jombang ini membersihkan setiap sudut asrama, lalu menyemprotkan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Bantuan ini saya harapkan bisa sedikit membantu adik-adik kita asal Papua yang sedang mengenyam pendidikan di Jombang. Pandemi COVID-19 pastinya juga berdampak ke adik-adik kita ini. Semoga ini bisa membantu untuk mencukupi kebutuhan mereka selama pandemi berlangsung," kata Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho kepada detikcom, Jumat (12/3/2021).

Bantuan dari Polres Jombang disambut gembira para mahasiswa warga Papua tersebut. Mereka mengaku terbantu dengan bantuan tersebut.

"Terimakasih Bapak Kapolres dan jajarannya karena telah memberikan bantuan dan peduli dengan kami mahasiswa Papua yang ada di sini," ujar Febiana, salah seorang mahasiswa asal Papua.

Ia berharap pandemi COVID-19 di Jombang dan Indonesia segera berakhir. Febiana juga mengajak seluruh elemen bangsa bersatu untuk menghindari perpecahan.

"Ke depan supaya kita tetap bisa bersatu. Tidak lagi ada gangguan atau ancaman yang membuat kita berpecah belah. Kita tetap bersatu untuk Indonesia," tandasnya.

Polisi Mojokerto juga memberikan dukungan dan bantuan untuk mahasiswa Papua yang mengenyam pendidikan di Bumi Majapahit. Polisi berharap hubungan dengan para mahasiswa dari Bumi Cendrawasih itu terjalin erat layaknya kakak dan adik.

Silaturahmi dengan sekitar 22 mahasiswa Papua di Institut KH Abdul Chalim, Desa Bendunganjati, Kecamatan Pacet dipimpin langsung Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander. Perjumpaan Dony beserta anggotanya dengan mahasiswa asal Papua berjalan hangat penuh keakraban.

Kepada para mahasiawa Papua, Dony menyampaikan dukungan penuh dari Polres Mojokerto. Dia berharap hubungan polisi dengan para pelajar dari Bumi Cendrawasih itu terjalin erat layaknya kakak dan adik.

"Melalui komunikasi, kolaborasi dan anggap kami sebagai kakak yang selalu mendukung kegiatan belajar mengajar adik-adik kita dari Papua. Apabila ada kendala apapun agar bisa menghubungi kami," kata Dony kepada para mahasiswa asal Papua, Jumat (12/3/2021).

Polisi Mojokerto memberikan dukungan dan bantuan untuk mahasiswa Papua yang mengenyam pendidikan di Bumi Majapahit. Polisi berharap hubungan dengan para mahasiswa dari Bumi Cendrawasih itu terjalin erat layaknya kakak dan adik.Polisi Mojokerto memberikan dukungan dan bantuan untuk mahasiswa Papua/ Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom

Pada kesempatan ini, Dony juga menyerahkan bantuan untuk puluhan mahasiswa Papua yang belajar di Institut KH Abdul Chalim. "Harapan saya semoga adik-adik mahasiswa dari Papua bisa belajar dengan aman dan tenteram. Semoga hasil belajar di sini bisa memajukan tanah Papua," terangnya.

Perwakilan mahasiswa Papua, Suroso menyambut baik dukungan dan bantuan dari Polres Mojokerto. Pihaknya berjanji akan selalu menjaga toleransi sesama anak bangsa.

"Terima kasih atas ruang waktu Bapak Kapolres berkunjung ke kami. Kami akan selalu menjaga toleransi tanpa melihat hal-hal yang terjadi di luar sana," pungkasnya.