Warga Papua di Bojonegoro Silaturahmi dengan Polisi Saat Pandemi COVID-19

Ainur Rofiq - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 12:16 WIB
Di masa pandemi COVID-19, polisi menggelar silaturahmi dengan warga Papua di Bojonegoro. Polisi menjamin keamanan warga Papua di Kota Minyak.
Warga Papua mendapat bingkisan sembako dan paket vitamin/Foto: Ainur Rofiq/detikcom
Bojonegoro - Di masa pandemi COVID-19, polisi menggelar silaturahmi dengan warga Papua di Bojonegoro. Polisi menjamin keamanan warga Papua di Kota Minyak.

Silaturahmi digelar secara santai di Ruang Madrim Command Center Polres Bojonegoro, yang dihadiri oleh Kapolres AKBP Eva Guna Pandia bersama jajaran, dan warga Papua yang bekerja dan sekolah di Kota Minyak. Warga Papua juga mendapat bingkisan sembako dan paket vitamin untuk menambah imun. Agar tetap sehat dalam beraktivitas di masa pandemi COVID-19.

AKBP Pandia menyampaikan, warga Papua merupakan saudara dan disatukan dengan persamaan sejarah dan Sumpah Pemuda sebagai orang Indonesia. "Rekan-rekan dari Papua ini sudah sebagai saudara saya sendiri. Kami berikan jaminan keamanan kepada saudaraku dari Papua yang menetap di Bojonegoro. Dan mari kita jaga Kota Bojonegoro ini bersama-sama. Ini tadi kita berikan bantuan sembako dan vitamin supaya imun tetap sehat di masa pandemi COVID," ujar Kapolres Bojonegoro AKBP Pandia, Jumat (12/3/2021).

Ia menambahkan, warga Papua cinta damai, mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Mereka bebas beraktivitas di Bojonegoro karena Kota Minyak rumah bersama. Bagi para mahasiswa dan pelajar Papua diharapkan tetap semangat belajar, untuk sama-sama membangun Kabupaten Bojonegoro atau pun Papua, karena semuanya masih dalam satu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Di Bojonegoro atau Papua sama saja tetap NKRI. Tetap semangat dan harapan ke depan perkembangan pembangunan di Papua akan sama dengan yang ada di Jawa. Karena butuh proses untuk semua itu kita harus bersabar," terang Pandia.

Kondi, ketua paguyuban warga Papua di Bojonegoro mengapresiasi pihak kepolisian yang telah berkenan bersilaturahmi dengan warga Papua yang ada di Kota Minyak. Menurutnya, warga Papua di Bojonegoro tetap mematuhi norma-norma atau aturan yang ada di Bojonegoro.

"Mari kita rawat kebinekaan dan mendukung program pemerintah dan aparat penegak hukum untuk membangun kebersamaan, sehingga menghadirkan kenyamanan dan kedamaian di Bojonegoro pada umumnya Indonesia," ujar Kondi.

"Terima kasih atas inisiatif diadakannya pertemuan ini oleh Bapak Kapolres Bojonegoro dan kami adalah masyarakat asli Indonesia dan kita penduduk asli NKRI," imbuhnya.

Kondi juga berharap silaturahmi ini berkelanjutan. Sehingga bisa berkomunikasi dan bersama-sama menjaga Bojonegoro dan NKRI. (sun/bdh)