PR Pertama Gus Ipul Usai Dilantik: Isi Jabatan Kosong yang Dijabat Plt

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 21:57 WIB
gus ipul
Gus Ipul (bertopi) berdialog dengan wartawan (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Wali Kota Pasuruan terpilih Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengungkap ada ratusan jabatan di pemerintah kota yang kosong maupun diisi pejabat pelaksana tugas (Plt). Kondisi itu sangat memprihatinkan dan akan menjadi perhatian setelah resmi dilantik.

"Perlu saya sampaikan biar publik tahu bahwa ada pengelolaan pemerintahan yang memprihatinkan selama ini. Ada ratusan jabatan yang kosong maupun diisi pejabat Plt di semua eselon," kata Gus Ipul saat berdialog dengan wartawan di Sekretariat PWI Pasuruan, Kamis (25/2/2021).

Gus Ipul merinci dari 121 jabatan di eselon III sebanyak 93 diisi pejabat definitif, 24 pejabat Plt dan 4 jabatan kosong. Sedangkan di eselon IV dari 464 jabatan, sebanyak 386 diisi pejabat definitif, 43 pejabat Plt dan 35 jabatan kosong. Selain itu, sekretaris daerah hingga saat ini masih pejabat Plt.

"Selama dua tahun tak ada usaha melakukan penyegaran. Sampai di eselon II pun nggak tuntas, sekdanya belum defitinif. Kita dikasih warisan yang ngambang," jelas Gus Ipul.

Ia membeberkan terdapat banyak organisasi perangkat daerah (OPD) yang masih dipimpin pejabat Plt. Antara lain satpol PP, dispendukcapil, kesbangpol, dinas perpus dan kearsipan, dinas pariwisata, dinas PU dan penataan ruang, disperindag, dinas penanaman modal hingga BKD.

"Kita akan identifikasi ke dalam, kita segera isi itu kalau memang memungkinkan secara aturan segera kita putus. 3 Minggu lah, kalau nggak diisi nggak bisa jalan programnya. Ini PR pertama saya," tandas Gus Ipul.

Gus Ipul sendiri akan menjalani pelantikan di Gedung Negara Grahadi. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan melantik 17 kepala daerah terpilih di Pilkada Serentak 2020 pada Jumat (26/2/2021). Salah satunya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf dan Adi Wibowo.

(iwd/iwd)