Terima 12.480 Vial, Surabaya Langsung Vaksinasi COVID-19 Tahap Dua Besok

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 22:22 WIB
Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara
Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara (Foto: Esti Widiyana/File)
Surabaya -

Kota Surabaya akhirnya menerima vaksin COVID-19 untuk tahap kedua vaksinasi yang akan disuntikkan kepada petugas pelayanan publik hingga lansia. Vaksinasi akan dilakukan mulai besok, Selasa (23/2).

"Bener besok. Karena barusan sore ini tiba beberapa vaksin dari Provinsi Jatim," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara kepada wartawan, Senin (22/2/2021).

Secara total kuota, Surabaya mendapat 12.480 vial vaksin COVID-19 yang ukurannya lebih besar sepuluh kali lipat dari vaksin gelombang pertama. Sehingga, bisa digunakan untuk 124.800 sasaran.

"Ternyata beda ukuran vialnya dengan yang kemarin, yang sekarang lebih besar. Kemarin 1 vial dosisnya untuk 1 orang, sekarang 1 vial dosisnya bisa untuk 10 orang. Insyaallah steril karena nanti jarum suntiknya ganti yang baru setiap ganti orang," jelasnya.

Guna mempercepat suntikan pertama pada tahap kedua, Pemkot Surabaya akan memberikan vaksinasi kepada sekitar 45 ribuan terlebih dahulu. Sebab, distribusi vaksin baru diterima 4.500 vial.

"Karena datangnya vaksin kan bertahap, 45 ribuan kita akan selesaikan 26 ribuan untuk lansia. Sisanya 19 ribuan untuk pelayanan publik," katanya.

Febri memastikan, sasaran vaksinasi gelombang kedua adalah dari petugas TNI, Kepolisian, dan kecamatan (Forpimka). Sementara untuk lansia dilakukan di puskesmas secara bertahap.

"Untuk lansia besok juga (vaksinasi), jemput bola. Nanti puskesmas yang akan melakukan pemanggilan," pungkasnya.

(iwd/iwd)