Dibuka Hari Ini, East Java Investival Buka Peluang Investasi di Jatim

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 20:50 WIB
gubernur khofifah
Foto: Istimewa
Surabaya -

Untuk menumbuhkan iklim investasi, Pemprov Jatim menggelar East Java Investival (EJI) 2020. Kegiatan ini membuka banyak peluang investasi, mulai dari kawasan industri halal hingga pembibitan sapi perah bagi investor dalam maupun luar negeri.

Kegiatan ini digelar secara hybrid dengan temu bisnis, pameran secara offline dan menghadirkan narasumber mulai duta besar RI di Australia, duta besar Inggris untuk Indonesia dan juga investor luar negeri yang bergabung secara virtual. Dalam kegiatan ini juga dilakukan Business Forum, One on One Business Meeting, Matchmaking, hingga Exhibition Virtual.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir dalam EJI 2020 mengatakan kegiatan ini akan menjadi pintu masuk bagi calon calon investor yang ingin sukses berinvestasi di Jatim.

"EJI 2020 yang digelar hybrid ini ibaratnya kita sedang menabuh gong, yang ini sebagai bagian dari starting poin kita untuk memperluas jejaring yang kita punya untuk sebaik mungkin agar bisa meningkatkan investasi di Jawa Timur," kata Khofifah di Hotel Shangri-La Surabaya.

Khofifah menambahkan pihaknya juga bertekad membangun kawasan industri halal. Dia menyebut telah tersedia lahan seluas 148 hektar bersama salah satu perusahaan di Sidoarjo. Dia ingin Indonesia yang merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, bisa masuk sepuluh besar besar industri makanan halal dunia.

"Indonesia umat Islamnya terbanyak di dunia. Menurut State of Global Islamic Economy 2019-2020, halal food Indonesia belum masuk sepuluh besar dunia. Kalau fashion halal sudah. Maka kita ingin siapkan halal industrial estate," imbuh Khofifah.

Selain itu, Khofifah menambahkan potensi kuliner halal di Jatim sangat melimpah. Untuk itu, dia menyayangkan jika potensi ini tidak dimaksimalkan.

Dalam halal industrial estate yang tengah disiapkan, Khofifah mengatakan akan dilengkapi laboratorium LPPOM MUI, pengurusan sertifikasi halal, dan juga seluruh fasilitas kebutuhan industri. Industri ini meliputi makanan minuman, hingga kosmetik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3