Ekskavasi Situs Pendem Tahap 4 Dilanjutkan, BPCB Jatim Perluas Penampakan Candi

Muhammad Aminudin - detikNews
Minggu, 15 Nov 2020 14:22 WIB
Ekskavasi Situs Pendem Tahap 4 di kota batu
BPCB Jatim ekskavasi tahap 4 (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)

Perkiraan kemudian memunculkan bahwa bangunan candi di Situs Pendem diduga kuat merupakan bangunan candi yang disebut dalam Prasasti Sangguran yang menurut catatan Verbeek pada tahun 1836 ditemukan di Ngandat, Mojorejo, Kota Batu.

Letak Ngandat dengan situs Pendem hanya berjarak 1 KM, yang kedua lokasi ini dipisahkan oleh Sungai Brantas. Prasasti Sangguran berangkat tahun 850 saka atau 928 masehi, menyebutkan tentang sebuah candi I Sang Hyang Prasada Kabhaktyan ing sima Kajurugusalyan ing Mananjung.

Wicaksono menambahkan, berdasarkan sumber sejarah dan bukti arkeologis, bangunan candi di Situs Pendem masih berdiri hingga tahun 1812. Akan tetapi tahun 1900-an, bangunan candi tak ditemukan kembali.

"Dengan demikian, bangunan candi di lokasi ini, sepertinya sengaja di pendam dengan bongkah batu-batu andesit dan tanah di antara tahun 1812-1900," imbuhnya.

Sementara temuan koin bertuliskan 'Nderland Indie 1825', dan koin bertuliskan 'Java 1810', serta pecahan mulut botol yang ditemukan diantara tatanan bata saat ekskavasi memperkuat dugaan tersebut.

"Sepertinya peristiwa itu pun terekam dalam memori masyarakat dan kini menjadi nama desa, yaitu Desa Pendem," pungkas Dwi.


(fat/fat)