Situs Purbakala Ditemukan di Langlang Singosari

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 07 Nov 2020 11:53 WIB
Susunan batu bata kuno yang ditemukan di Langlang, Singosari, Kabupaten Malang
Susunan batu bata kuno yang ditemukan di Langlang, Singosari, Malang (Foto: Istimewa)
Malang -

Situs purbakala kembali ditemukan di Desa Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Situs berupa susunan batu bata kuno. Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim berencana melakukan ekskavasi hari ini.

Dugaan awal muncul, jika susunan batu bata kuno yang baru ditemukan merupakan peninggalan masa Kerajaan Singhasari yang berdiri pada abad 9 Masehi.

Meski demikian penelitian dengan proses ekskavasi perlu dilakukan untuk memastikan keberadaan situs.

"Hari ini BPCB Jatim mulai melakukan akan melakukan penggalian," kata Koordinator penemuan candi Malang, Haryoto kepada wartawan, Sabtu (7/11/2020).

Menurut Haryoto, susunan batu bata yang ditemukan memiliki ukuran sangat besar. Bahkan, melebihi berbagai macam temuan batu bata kuno di wilayah Malang Raya sebelumnya.

"Ukuran batu batanya sangat besar melebihi berbagai macam batu bata yang pernah ditemukan yang ada di malang," beber Haryoto.

Ukuran batu bata ditemukan di Desa Langlang, memiliki tebal 9 cm dengan panjang mencapai 39 sampai 40 cm. Namun, secara detil berapa usia benda purbakala ini diakui Haryoto masih akan diteliti.

"Untuk berapa tahun barang purbakala ini masih diteliti ya, diperkirakan ini sejak zaman kerajaan Mataram kuno sampai zaman kerjaan Singhasari," katanya.

Haryoto juga menyebut, untuk ekskavasi dimulai pada hari ini akan menerjunkan 8 petugas. "Bersama BPCB, kami akan terus menggali sekaligus mengkaji temuan ini," pungkasnya.

Lihat juga video 'Mitos Dusun Cariu Ciamis: Gelar Wayang Kena Malapetaka':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)