Pansus DPRD DKI Belajar ke Risma Atasi Persoalan Banjir

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 15:57 WIB
Panitia khusus (Pansus) Banjir DPRD DKI Jakarta melakukan kunjungan kerja di Surabaya. Mereka meminta saran Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, terkait penanganan banjir.
Pansus Banjir DPRD DKI Jakarta melakukan kunjungan kerja di Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Panitia khusus (Pansus) Banjir DPRD DKI Jakarta melakukan kunjungan kerja di Surabaya. Mereka meminta saran Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, terkait penanganan banjir.

Dalam pertemuan di Balai Kota Surabaya, Risma beberapa kali memberikan pemaparan terkait penanganan banjir di Kota Pahlawan. Risma menceritakan telah membuat waduk, normalisasi bozem, membuat pintu air serta rumah pompa hingga saluran drainase yang terkoneksi.

"Teorinya tadi belum saya jelaskan mohon maaf. Teorinya itu, saluran ada tiga stage. Pertama itu saluran primer, itu dari saluran biasanya ke sungai besar ke laut. Kedua itu saluran sekunder itu yang menghubungkan saluran tersier. Itu saluran yang biasanya di depan rumah, saluran di pinggir jalan, saluran tepi, ini harus dihubungkan ke saluran sekunder. Teorinya seperti itu ini harus konek," kata Risma di ruang sidang wali kota, Kamis (22/10/2020).

"Saya ini biasanya hampir setiap hari sama Kepala Dinas PU itu melototi. Berhentinya di mana itu koneksinya di mana, kalau tidak itu akan menjadi persoalan. Saluran tersier ke saluran sekunder ke priemer yang ke arah laut harus terkoneksi semuanya," lanjut Risma.

Selain itu, Wali Kota Risma juga memberikan contoh persoalan yang dihadapi Pemkot Surabaya, saat menghadapi banjir. Ia juga memberikan solusi terkait penanganannya.

Simak juga video 'Antisipasi Pemerintah Atasi Bencana Hidrometeorologi di Masa Pandemi Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3