BMKG Minta Warga Waspada Dampak Iklim La Nina di Jatim

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 13:44 WIB
Banjir melanda wilayah Kota Malang pasca diguyur hujan deras. Dampaknya, mulai dari mobil hanyut terseret air sampai pengendara motor terjatuh akibat terseret air.
Hujan dan banjir di Kota Malang beberapa waktu lalu/Foto: Istimewa
Surabaya -

Iklim La Nina tengah berkembang di Samudra Pasifik. Ini akan berdampak pada peningkatan akumulasi curah hujan bulanan di Indonesia. Untuk itu masyarakat diminta waspada.

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya Teguh Tri Susanto mengatakan, La Nina dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi curah hujan bulanan hingga 40 persen.

"Catatan historis menunjukkan La Nina dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi jumlah curah hujan bulanan di Indonesia hingga 40 persen di atas normalnya," kata Teguh kepada detikcom di Surabaya, Senin (12/10/2020).

Kendati demikian, Teguh menyebut, dampak La Nina tidak seragam terjadi di seluruh Indonesia. Namun, terjadi secara bergantian di setiap wilayah.

Memasuki Oktober ini, Teguh mengatakan, ada sebagian kecil wilayah di Jatim yang mulai turun hujan. Menurutnya perlu dilakukan sejumlah antisipasi agar kenaikan curah hujan akibat La Nina, tidak berdampak pada banjir hingga longsor.