Kasus Ibu Melahirkan Sendiri di Jombang, Keluarga Tolak Proses Hukum

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 17:09 WIB
Seorang ibu melahirkan sendiri di Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC) Jombang hingga bayinya meninggal. Sang suami pun menuntut keadilan.
Suami ibu yang melahirkan sendiri di Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC) Jombang/Foto file: Enggran Eko Budianto

Ia menambahkan, saat ini kondisi istrinya belum pulih sepenuhnya. Menurutnya, DR masih mengalami trauma setelah melahirkan sendiri di ruang isolasi RS PMC, hingga bayinya meninggal dunia.

"Sudah sehat, tapi secara mental masih butuh waktu. Dia belum bekerja. Rencana mau buka usaha, belum tahu akan bekerja lagi sebagai perawat atau tidak karena masih trauma," imbuhnya.

Terkait kasus ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang tidak memberikan sanksi kepada RS PMC. Dinkes hanya meminta rumah sakit swasta itu membuat ruang bersalin khusus pasien yang dicurigai COVID-19, dan mengevaluasi kinerja tenaga kesehatan mereka.

Sementara Dinkes Jatim menemukan 3 permasalahan yang memicu DR (27) melahirkan tanpa bantuan tenaga kesehatan, hingga bayi perempuannya meninggal dunia. Permasalahan pertama yakni pada saat proses persalinan di ruang isolasi tidak ditolong oleh bidan.

Hal ini disebabkan karena tidak disiapkannya ruang isolasi khusus untuk pelayanan persalinan. Sehingga perawat yang bertugas masih harus berkoordinasi dengan bidan yang berada di kamar bersalin. Hal inilah yang menyebabkan keterlambatan pertolongan persalinan.

Persoalan kedua, rumah sakit belum menyiapkan tenaga khusus dalam pelayanan maternal neonatal COVID-19. Sedangkan permasalahan ketiga yaitu rumah sakit belum menetapkan standar operasional prosedur terkait dengan screening di triage, dan cara berkoordinasi/komunikasi dengan ruang perawatan (kamar bersalin, ruang isolasi, ruang rawat inap dan lain-lain).

Halaman

(sun/bdh)