Kasihan, Siswa SD Jombang Belajar Daring di Makam Karena Susah Sinyal

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 14:28 WIB
Siswa SDN Sumberaji 2, Kecamatan Kabuh  terkendala sinyal internet dalam belajar daring. Sebagian siswa belajar di makam agar mendapat sinyal internet.
Siswa SDN Sumberaji 2 Jombang belajar daring di makam/Foto: Enggran Eko Budianto

Sampai di makam Dusun Ngapus, mereka berpencar mencari sinyal internet menggunakan ponsel pintar masing-masing. Ada yang di tengah-tengah area makam, ada juga yang di pinggir pekuburan tersebut. Mereka lantas mengerjakan tugas dari guru yang dibagikan melalui aplikasi percakapan.

"Setiap hari (ke makam) karena tugas sekolah setiap hari. Kadang pagi, kadang sore. Kami tidak takut di kuburan ini," terang Salsa.

Oleh sebab itu, Salsa merasakan tidak enaknya sekolah secara daring. Jika PJJ terus berjalan karena pandemi COVID-19 tak kunjung selesai, dia berharap pemerintah membantu pemasangan wifi di Dusun Ngapus.

"Sekolah daring ga enak karena cari sinyalnya jauh. Inginnya dipasang wifi," ujarnya.

Kepala SDN Sumberaji 2, Surati menjelaskan, sekolahnya saat ini hanya mempunyai 16 siswa. Yaitu 4 siswa kelas 1, 2 siswa kelas 2, 4 siswa kelas 5, serta 6 siswa kelas 6. Sedangkan kelas 3 dan 4 tidak ada siswanya sama sekali.

Surati rupanya mengetahui kondisi siswa kelas 5 dan 6 yang harus belajar di makam Dusun Ngapus karena susahnya sinyal internet. Namun, pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Karena pemasangan wifi di kampung ini juga terkendala.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3