Apindo Jatim Dukung Machfud Arifin Sebagai Wali Kota Surabaya

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 10:19 WIB
Apindo Jatim Dukung Machfud Arifin Sebagai Wali Kota Surabaya
Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Kian dekat jadwal pilkada, kian dinamis situasi politik di Surabaya. Asosiasi Pengusaha Indonesia Jawa Timur (Apindo Jatim) bahkan telah terang-terangan menunjukkan arah dukungan.

Ketua DPP Apindo Jatim Arief Harsono menyatakan Apindo akan mendukung bakal calon Wali Kota Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin. Machfud dinilai punya visi-misi yang mumpuni untuk memimpin Kota Pahlawan.

"Jelas Apindo mendukung Pak Machfud. Kami akan sampaikan ke kawan-kawan pengusaha lain, bahwa Pak Machfud ini bagus, visi misinya jelas dan akan menjadikan Surabaya sebagai kota yang semakin baik serta metropolitan," kata Arief usai acara pertemuan Apindo Jatim dengan Bacawali Machfud Arifin di Hotel Novotel Samator, Kamis (6/8/2020) malam.

Arief menjelaskan bahwa selama ini banyak kendala yang dihadapi oleh para pengusaha. Mulai dari perizinan yang sulit hingga masalah surat hijau.

"Jadi begini, teman-teman pengusaha ini sering kesulitan mengenai perizinan. Banyak yang masalah. Banyak surat hijau sudah bangun ini itu eh kadang disuruh bayar. Padahal pengusaha mau bangun yayasan untuk masyarakat. Akhirnya mendapat kesulitan. Suruh bayar denda sekian besar. Terutama sekolah. pernah diancam untuk diambil pemerintah. Padahal ini kan untuk masyarakat juga," jelasnya.

Machfud dianggapnya punya kedekatan dengan para pengusaha hingga buruh. Dia mengatakan akan mengerahkan karyawan-karyawannya untuk mendukung Machfud.

"Kami para pengusaha akan membriefing para karyawan untuk jangan sampai salah pilih. Karena hanya Pak Machfud yang pantas pimpin Surabaya," lanjutnya.

Kemudian Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, yang turut hadir memberi dukungan kepada Machfud Arifin. Dahlan menilai, pengusaha tidak perlu dibantu. Asal iklim usaha di Surabaya sudah baik.

"Iklim usaha yang baik. Pengusaha tidak perlu dibantu, karena pengusaha sudah mandiri. Tapi soal iklim saja, dan kalau iklim usaha baik, pengusaha tidak perlu dibantu," ujarnya.

Dahlan juga mengomentari terkait survei-survei Pilkada Surabaya. Ia meminta Mantan Kapolda Jatim itu untuk terus meningkatkan elektabilitasnya.

"Hasil survei Pak Machfud sudah nomor 1. Tinggal menjaga saja untuk saat ini sampai pemilihan. Tinggal menjaga dan lebih mencatat keinginan masyarakat. Beliau ini kan dapat kepercayaan tinggi, hobinya juga membangun. Beliau akan terus membangun Surabaya menjadi lebih-lebih baik," terangnya.

Sementara Bacawali Machfud Arifin mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Apindo Jatim. Ini merupakan suntikan semangat bagi dirinya.

"Saya berterima kasih. Tentu aspirasi dari kawan Apindo akan saya dengarkan. Apalagi memang persoalan mereka persoalan nyata," kata Machfud.

Machfud mencontohkan soal perizinan, saat ini diurus secara online. Nyatanya, banyak temuan pengusaha yang sudah mengurus secara online dan lengkap, namun tidak tuntas.

"Banyak keluhan perizinan. Iconnya sekarang online, tapi faktanya susah. Banyak hal yang dirasakan punya kepentingan dengan Pemkot tapi tidak tuntas. Ke depan harus ada solusi," jelasnya.

"Mereka juga meminta saya untuk memperhatikan tempat wisata di Surabaya, kawasan-kawasan yang selama ini kurang tertata seperti Pasar Blauran untuk diperhatikan. Insya allah saya akan membangun Surabaya," pungkasnya.

(fat/fat)