Ini yang Dicek dalam Simulasi Sekolah Tatap Muka di Surabaya

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 21:27 WIB
Sebanyak 21 SMP di Surabaya akan menggelar sekolah tatap muka. Hingga 4 hari ke depan, puluhan sekolah tersebut akan menggelar simulasi.
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dispendik Surabaya Sudarminto (kanan)/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Sebanyak 21 SMP di Surabaya akan menggelar sekolah tatap muka. Hingga 4 hari ke depan, puluhan sekolah tersebut akan menggelar simulasi.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dispendik Surabaya Sudarminto mengatakan, persiapan sekolah sudah ditentukan dengan pemetakan lima wilayah. Di mana ada 21 sekolah negeri dan swasta yang sudah dikumpulkan pada Selasa (28/7). Itu juga untuk menyempurnakan protokol kesehatan, baik selama di sekolah, dari rumah ke sekolah maupun sekolah ke rumah.

"Kemudian gugus tugas sekolah yang 21 sekolah kita kumpulkan juga. Kita latih manajemen resiko pada Kamis (30/7) lalu. Kita cek sarpras kesiapan secara fisik apa yang ditulis di protokol apakah real ada di sekolah. Kekurangan itu bisa kita fasilitasi," kata Sudarminto di SMPN 3 Surabaya, Senin (3/8/2020).

"Hari ini kita simulasi terjadwal selama empat hari ini. Simulasi untuk memperolah gambaran agar saat pelaksanaan kami betul-betul tahu potretnya anak masuk gerbang diapakan oleh sekolah melalui pendekatan protokol kesehatan," imbuhnya.

Dispendik Surabaya juga mengecek sarpras protokol kesehatan apakah mencukupi atau kurang. Seperti bagaimana cara memeriksa suhu dengan thermo gun dan sebagainya.

Kemudian, lanjut Sudarminto, pihaknya juga mengecek seperti apa ketika anak masuk sekolah hingga pulang sekolah. "Anak masuk sekolah seperti apa? Anak pulang seperti apa? Guru seperti apa? Kalau keluar untuk mau ke kamar mandi seperti apa? Hal-hal seperti itu yang saya ingin lihat di SMPN 3 ini," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2