10 Kecamatan di Surabaya Akan Dapat Pendampingan Perangi COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 21:47 WIB
Sepuluh kecamatan di Surabaya akan mendapatkan pendampingan dalam memerangi COVID-19. Nantinya, 10 kecamatan tersebut akan menjadi role model bagi daerah lainnya.
Kepala BPB dan Linmas Surabaya Irvan Widyanto/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Sepuluh kecamatan di Surabaya akan mendapatkan pendampingan dalam memerangi COVID-19. Nantinya, 10 kecamatan tersebut akan menjadi role model bagi daerah lainnya.

Sepuluh kecamatan tersebut yakni Kecamatan Tambaksari, Rungkut, Gubeng, Sawahan, Krembangan, Kenjeran, Wonokromo, Tegalsari, Semampir dan Bubutan. Perwakilannya dikumpulkan dalam upaya memaksimalkan fungsi dari Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo.

Kepala BPB dan Linmas Surabaya Irvan Widyanto mengatakan, ada keinginan dan inisiatif dari beberapa elemen masyarakat. Termasuk akademisi, pakar dan juga diinisiasi Kapolrestabes Surabaya dalam memaksimalkan fungsi Kampung Tangguh.

"Maka kita coba dengan 10 kecamatan yang kita undang dan diharapkan nanti dilakukan pendampingan di 10 kecamatan ini. Dan membuat sebuah konsep bagaimana memutus mata rantai dalam rangka pencegahan dan mitigasinya," kata Irvan kepada wartawan di Kantor BPB Linmas, Selasa (28/7/2020).

Sehingga nantinya, 10 kecamatan ini akan menjadi role model bagi kecamatan lainnya. Sebanyak 21 kecamatan lainnya, nantinya juga akan menjalankan upaya serupa.

Selama ini, camat bersama nakes di Puskesmas diminta mendata ibu hamil hingga warga yang mempunyai komorbid. Sebab, di masa pandemi COVID-19, mereka sangat rentan tertular virus. Maka dilakukan pendataan agar bisa diberikan pendampingan lebih.

"Nanti semua (kecamatan), hanya saja awal ini pendampingan dilakukan di 10 kecamatan. Sehingga nanti menjadi role modelnya di kecamatan yang lain," ujarnya.