Sosok Gus Sholah di Mata Sahabatnya Gus Mus: Pejuang Penuh Keikhlasan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 19:09 WIB
Gus Mus di pemakaman Gus Sholah
Gus Mus usai sambutan di pemakaman Gus Sholah (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Jombang -

Pengasuh Ponpes Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus menjadi tokoh terakhir yang memberi sambutan di pemakaman KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Sebagai sahabat, Gus Mus menilai adik kandung Gus Dur itu sosok pejuang yang penuh keikhlasan.

"Hari ini kita kehilangan seorang pejuang yang muchlis, yang ikhlas merajut kebersamaan dengan sesama bangsa, dengan sesama umat," kata Gus Mus dalam sambutannya di pemakaman Gus Sholah di Ponpes Tebuireng, Jalan Irian Jaya, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang, Senin (3/2/2020).

Gus Mus pun mengaku bersyukur dan merasa mendapatkan berkah menjadi sahabat Gus Sholah. Menurut dia, cucu pendiri NU KH Hasyim Asy'ari itu tokoh yang ikhlas dalam melakukan darma bhakti. Baik untuk Agama Islam maupun bangsa dan negara.

"Beliau sangat mendambakan persatuan, mendambakan ikatan Bangsa Indonesia tetap bersatu. Itu benar-benar dilakukan oleh beliau," terangnya.

Bagi NU, kata Gus Mus, sosok Gus Sholah merupakan pejuang sejati. "Nahdlatul Ulama kehilangan seorang tokoh yang betul-betul pejuang, mencurahkan pikiran tenaga. Sampai detik terakhir beliau tetap memperjuangkan pikirannya, yaitu keutuhan bangsa ini," ujarnya.

Simak Video "Doa Ribuan Petakziah Antar Gus Sholah ke Peristirahatan Terakhir"

Selanjutnya
Halaman
1 2