Massa Proinvestasi Demo Protes Kebijakan Seorang Kades di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 28 Nov 2019 19:23 WIB
Massa proinvestasi saat menggelar demo (Ardian Fanani/detikcom)
Massa proinvestasi saat menggelar demo (Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Ratusan warga Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, menggelar demo di kantor desa setempat. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk dukungan atas investasi dan program pemberdayaan serta pembangunan dari perusahaan tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI).

Spanduk panjang berisi tanda tangan para pengunjuk rasa agar izin PT BSI tak dicabut dibentangkan secara memanjang. Mereka merupakan karyawan serta keluarganya yang berasal dari Kecamatan Pesanggaran.

Ada pula poster berukuran kecil yang dibawa massa. Poster itu berisi aspirasi soal imbas bila operasi PT BSI dihentikan. Dua di antaranya adalah 'Cicilan Masih Satu Tahun' dan 'Kami Tulang Punggung Keluarga'.


Aksi ini merupakan puncak kekecewaan masyarakat Desa Sumberagung terhadap kinerja Kades Vivin Agustin. Diketahui, Vivin mengeluarkan surat rekomendasi pencabutan izin PT BSI. Surat tersebut dikirimkan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Senin (25/11).

Massa meyakini, sesuai dengan Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, terkait perizinan tambang sudah jelas menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

"Kami ini juga masyarakat yang peduli dengan investasi. Kami juga berhak memberikan aspirasi kami untuk mendukung kegiatan yang didasari undang-undang ini," ujar koordinator aksi, Budi Santoso, kepada detikcom, Kamis (28/11/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2