detikNews
2019/09/12 19:45:01 WIB

Gadaikan SK, Anggota DPRD Surabaya Ini Terima Kredit Rp 1 M

Amir Baihaqi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Gadaikan SK, Anggota DPRD Surabaya Ini Terima Kredit Rp 1 M Mahfiudz, anggota DPRD Surabaya, menggadaikan SK-nya. (Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya - Anggota DPRD di Surabaya ramai-ramai menggadaikan surat keputusan (SK) untuk pengajuan kredit pinjaman ke Bank Jatim. Pengajuan pinjaman yang ditawarkan mulai dari Rp 300 juta sampai Rp 1 miliar dengan bunga 10 persen.

Salah satu anggota DPRD Surabaya dari Fraksi PKB Mahfudz (37) contohnya. Ia mengaku telah menggadaikan SK-nya untuk pengajuan pinjaman setelah dilantik. Tak tanggung-tanggung, ia mengajukan pinjaman kredit multiguna ke Bank Jatim sebesar Rp 1 miliar.

"Kalau di PKB semua pinjam uang di bank dengan jaminan SK. Kalau saya pribadi SK saya jaminkan ke Bank Jatim itu dan dicairkan Rp 1 miliar," kata Mahfud saat ditemui detikcom di salah satu kafe di Plaza Surabaya, Kamis (12/9/2019).


"Ya SK saya jaminkan ke Bank Jatim. Di rumah juga ada (SK), tapi fotokopinya," tambah alumnus Ponpes Salafiyah Syafi'iyah, Sukorejo, Situbondo, itu.

Menurut Mahfudz, mekanisme anggota legislatif yang mengajukan kredit pinjaman ke bank sangat mudah. Cukup dengan mengajukan surat pemberitahuan ke ketua fraksi dan diketahui sekretaris Dewan (sekwan), baru diajukan ke bank.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com