detikNews
Jumat 19 April 2019, 16:16 WIB

Ratusan Surat Suara Tercoblos, 1 TPS di Sumenep Lakukan Coblos Ulang

Ahmad Rahman - detikNews
Ratusan Surat Suara Tercoblos, 1 TPS di Sumenep Lakukan Coblos Ulang Ketua KPU Sumenep A Waris (Foto: Ahmad Rahman)
Sumenep - KPU Sumenep merencanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kepulauan Masalembu, Sumenep, Madura. PSU dilakukan setelah adanya rekomendasi dan bawaslu terkait surat suara tercoblos yang diduga dilakukan KPPS.

Ketua KPU Sumenep A Waris mengatakan rencana PSU dilakukan di TPS 3 di Desa Masalima, Kecamatan Pulau Masalembu, Sumenep. PSU direncanakan digelar pada H+6 atau H+7.

"Menurut aturan, maksimal H+10. Tapi kami merencanakan pada H+6 atau H+7," kata Waris kepada detikcom, Jumat (19/4/2019).

Untuk PSU ini, kata Waris, pihaknya langsung berkoordinasi dengan KPU Provinsi terkait rekomendasi Bawaslu Sumenep tersebut. Sekaligus menyiapkan logistik surat suara untuk melakukan PSU tersebut.


Sementara untuk teknis pelaksanan PSU tersebut, KPU Sumenep belum memutuskan apakah akan mengangkat KPPS baru atau diambil alih oleh PPK atau PPS Masalembu.

Tonton Video : Blak blakan Jokowi: Misi Setelah Menang Lagi"Kami belum memutuskan apakah akan mengangkat KPPS baru atau diambil alih PPK dan PPS di sana," terang Waris.

Pada pemungutan suara 17 april 2019, Panwascam Masalembu menemukan ada kecurangan yang diduga dilakukan KPPS. Dugaan kecurangan itu berupa surat suara yang telah tercoblos untuk DPRD kabupaten sebanyak 69 lembar, DPRD provinsi sebanyak 68 lembar, DPR RI sebanyak 59 lembar, dan surat suara calon presiden nomor urut 01 sebanyak 70 lembar.


Jumlah DPT di TPS 3 Masalembu sebanyak 212 DPT. Saat itu pemungutan suara sudah dilakukan. Namun ada salah satu pemilih yang melapor bahwa surat suaranya telah tercoblos. Setelah dilakukan penelitan diketahui ada cukup banyak surat suara yang sudah tercoblos. Dengan ditemukannya dugaan kecurangan itu, maka pemungutan suara di TPS 3 dihentikan dan tak ada penghitungan suara.

Sementara KPPS TPS 3 saat ini masih diamankan di Polsek Masalembu untuk menjalani pemeriksaan atas dugaan melakukan kecurangan tersebut.

Kecamatan Masalembu adalah salah satu pulau terluar di wilayah Kabupaten Sumenep dan hanya bisa ditempuh melalui jalur laut dengan jarak tempuh sekitar 15 sampai 18 jam dari daratan Sumenep.


Simak Juga 'Rekapitulasi Suara Nasional Berlangsung 25 April-22 Mei 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com