DetikNews
Senin 18 Maret 2019, 23:26 WIB

Bicara soal KTP, Sandiaga: Zaman Now Cukup 1 Kartu Saja

Muhammad Aminudin - detikNews
Bicara soal KTP, Sandiaga: Zaman Now Cukup 1 Kartu Saja Cawapres Sandiaga Uno. (Foto: Grandyos Zafna)
Malang - Cawapres Sandiaga Uno kembali berbicara mengenai KTP yang menurutnya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pendidikan, kesehatan, ataupun bantuan sosial. Selain itu, menurutnya, pemborosan anggaran untuk mencetak kartu bisa dihindari.

"Zaman now dengan satu kartu saja sudah cukup. Kita pertama melihat bahwa e-KTP memiliki fitur-fitur chip teknologi di dalamnya," ujar Sandiaga saat kampanye di Muharto, Kedungkandang, Kota Malang, Senin (18/3/2019).


Solusi ini sebelumnya sudah disampaikan Sandiaga saat debat cawapres pada Minggu (17/3). "Kita bisa kelola dengan pendekatan big data. Dari situ bisa tahu program apa yang dibutuhkan masing-masing masyarakat. Sekarang ini sudah zamannya teknologi sangat maju," ujar Sandiaga.

Menurut Sandiaga, Indonesia membutuhkan solusi yang lebih kekinian untuk menangani kebutuhan masyarakat. Bukan justru menambah program-program baru yang ujungnya membebani anggaran negara.


"Kita perlu solusi yang lebih kekinian. Yakni solusi zaman now cukup satu kartu saja. Dengan single identity number, bisa mendapatkan layanan kesehatan, layanan pendidikan, tenaga kerja dan layanan kesejahteraan masyarakat," ujar Sandiaga.

"Itu yang menjadi fokus kita, tidak perlu menambah lagi beban negara menerbitkan kartu, anggarannya. Belum lagi kalau diproyekin atau juga birokrasi yang menyertai setiap ada program dan penerbitan kartu baru. Itu yang menjadi tekad Prabowo-Sandi untuk menyediakan layanan yang lebih baik kepada masyarakat, terutama juga lapangan pekerjaan," beber Sandiaga.
(bdh/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed