DetikNews
Kamis 14 Maret 2019, 16:38 WIB

Polisi Kejar Khotimun, Benarkah Ia Penyebar 7 Fatwa Thoriqoh Musa?

Charolin Pebrianti - detikNews
Polisi Kejar Khotimun, Benarkah Ia Penyebar 7 Fatwa Thoriqoh Musa? Polres Ponorogo, AKBP Radiant/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Polres Ponorogo melakukan penyelidikan terhadap Khotimun yang dianggap sebagai penyebar 7 fatwa Thoriqoh Musa. Kini pihak kepolisian sedang mencari keberadaan Khotimun ke salah satu pondok di Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang.

"Anggota saya masih mencari keberadaan Khotimun ini di Malang," kata Kapolres Ponorogo AKBP Radiant saat dihubungi detikcom, Kamis (14/3/2019).

Saat ditanya soal 7 fatwa Thoriqoh Musa ala Khotimun, Radiant belum bisa memastikan. "Kepolisian bersama TNI dan Forpimda serta tokoh NU, Muhammadiyah, MUI tadi melakukan pembinaan dan pencerahan ke warga Watubonang supaya tidak ikut ke Malang," imbuhnya


Sebelumnya diberitakan jika Khotimun menyebarkan fatwa akan terjadi perang pada Ramadan mendatang. Untuk itu, para jemaah diminta membeli pedang Rp 1 juta. Kini kabar tersebut dibantah Radiant. Sementara enam fatwa lainnya seperti tentang kiamat, kemarau panjang, bendera tauhid, foto penangkal gempa, imbauan untuk tidak sekolah dan menghukum orang tua yang tidak berpegang teguh pada ajaran.

"Nggak ada warga yang beli pedang, itu hanya pesan di WA saja yang heboh," lanjutnya.

Radiant menambahkan, hasil penyelidikan sementara Khotimun diketahui sebagai pengajar agama di desanya. Ajaran yang disampaikan pun benar tidak ada yang menyimpang.


Namun terkait kepindahan warga dari Ponorogo ke Malang, Radiant belum bisa memastikan apakah itu karena isu kiamat atau memang ingin menimba ilmu agama ke sebuah pondok pesantren.

"Tapi kan biasanya kalau warga mau mondok (pondok) butuh biaya hidup, makanya ada yang jualin hartanya. Tapi kan tidak banyak hanya 6 orang yang jual hartanya, mungkin mereka memang berniat pindah ke Malang, di sana beli rumah atau ngontrak kita kan nggak tahu," lanjutnya.

Radiant menegaskan, pihaknya bakal memeriksa Khotimun dengan keterangan yang beredar di masyarakat. "Kita lihat nanti seperti apa kelanjutannya," pungkasnya.


Warga Ponorogo Eksodus ke Malang Gegara Doktrin Kiamat Sudah Dekat, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed