Rutan Ponorogo Kebanjiran, Napi Bingung Malam Ini Tidur Dimana

Rutan Ponorogo Kebanjiran, Napi Bingung Malam Ini Tidur Dimana

Charoline Pebrianti - detikNews
Rabu, 06 Mar 2019 20:17 WIB
Rutan Ponorogo yang kebanjiran (Foto: Charoline Pebrianti)
Rutan Ponorogo yang kebanjiran (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo - Rutan Ponorogo kebanjiran usai bumi reog diguyur hujan deras selama 3 jam. Kamar tahanan pun tidak luput kemasukan air banjir.

Tak sedikit napi yang terpaksa mengangkut barang-barangnya ke tempat yang lebih tinggi agar aman dari air. Beruntung, setiap kamar dilengkapi dengan dipan (tempat tidur) untuk tidur para napi.

"Napi tidur di kamarnya, tapi cari tempat yang lebih kering," tutur Kasie Pelayanan Taufiqul Hidayat saat dihubungi detikcom, Rabu (6/3/2019).

Kamar yang kebanjiran, lanjut Taufiq, merupakan kamar tahanan Blok B wanita. Ada 2 kamar yang terendam banjir, tiap kamar ada 8 napi.


"Total ada 16 napi yang terpaksa tidur di atas dipan bersama barang-barang," papar dia.

Saat disinggung, apakah ada pemindahan napi karena kejadian ini, Taufiq menjawab tidak ada. Sebab, banjir hanya menggenangi se-mata kaki orang dewasa atau sekitar 20 cm.

"Tidak ada pemindahan, tiap kamar kan ada dipan jadi bisa tidur di atas," terang dia.

Air diduga berasal dari saluran yang mampet. Selain menggenangi kamar napi, air juga menggenangi kantor rutan.


"Akibat kejadian ini, petugas pun bersiap-siap dan berjaga demi mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, namanya musibah bisa datang kapan saja," tukasnya.

Pantauan detikcom, rutan yang berada di Jalan Soekarno-Hatta ini dikepung banjir sejak pukul 18.00 WIB. Total ada 330 napi yang menghuni rutan kelas 2B ini.

Seperti diketahui, Ponorogo diguyur hujan deras sejak pukul 16.00 WIB hingga sekarang. Bahkan selain rutan, Alun-Alun Ponorogo pun mengalami banjir setinggi 50 cm. (iwd/iwd)