DetikNews
Kamis 14 Februari 2019, 20:33 WIB

Pria Gangguan Jiwa Mengamuk Bawa Kapak, Polisi Turun Tangan

M Rofiq - detikNews
Pria Gangguan Jiwa Mengamuk Bawa Kapak, Polisi Turun Tangan Foto: M Rofiq
Probolinggo - Warga Perumahan Pakistaji, Kecamatan Wonoasih, Kabupaten Probolinggo diresahkan oleh Mujiyanto yang mengamuk. Pria berusia 50 tahun itu mengacung-acungkan parang dan kapak di depan rumahnya.

Petugas gabungan Polri, TNI dan Sat Pol PP diterjunkan ke lokasi guna mengamankan Mujiyanto yang tengah mengamuk. Dari informasi yang dihimpun, yang bersangkutan mengalami gangguan jiwa. Maka tidak heran jika petugas berwajib sampai melepaskan tembakan peringatan untuk mengamankan Mujiyanto.

Dalam video amatir yang sempat direkam warga, Mujianto mengacung-acungkan parang di depan rumahnya. Tak hanya itu, ia juga berusaha menyerang warga yang mendekat.


Mujiyanto baru menyerah setelah petugas melakukan tindakan tegas dengan memukul tangan Muji menggunakan balok kayu. Pukulan yang membuat parang dan kapak lepas dari genggamannya.

Usai dilumpuhkan petugas, Muji langsung dibawa ke kantor Sat Pol PP Kota Probolinggo. Selanjutnya, ia akan dievakuasi ke rumah sakit jiwa Lawang, guna mendapatkan penanganan medis.

Istri Mujianto, Aming Rindawati menyampaikan, Muji menderita gangguan jiwa sejak 2012. Meski tidak pernah melukai warga dan keluarga, sang suami sering melakukan sesuatu yang meresahkan warga.


"Kalo sampai melukai gak pernah Pak, tapi kalo membuat resah warga ya sering," kata Aming, Kamis (14/2/2019).

Kasi Operasi Satpol PP Kota Probolinggo, Hendra Kusuma mengatakan, pihaknya terpaksa mengamankan yang bersangkutan ke Mako Satpol PP demi keselamatan warga. "Kita amankan dulu agar tak mengancam keselamatan warga. Yang jelas sesuai kesepakatan keluarga Mujiyanto akan dirawat di RSJ Lawang, Malang," pungkasnya.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed