DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 10:31 WIB

Polisi Masih Lakukan Perburuan Guru Dita, Bomber Gereja Surabaya

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Polisi Masih Lakukan Perburuan Guru Dita, Bomber Gereja Surabaya Foto: Agung Pambudhy/File
Surabaya - Polisi menegaskan masih melakukan perburuan terhadap sejumlah teroris, baik di Jawa Timur maupun daerah lain di Indonesia. Salah satunya Khalid Abu Bakar.

Khalid diketahui sebagai guru Dita Oepriarto, Ketua JAD Surabaya dan pengebom gereja di Surabaya.

"Perburuan Khalid masih berjalan. Biarkanlah masih berjalan. Nanti kan mesti dikasih tau kalau sudah tertangkap," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (25/5/2018).


Namun Machfud enggan merinci kemana saja tim Densus 88 mengejar pelaku. Hal ini karena ada beberapa aturan dalam kepolisian yang dirahasiakan agar perburuan tetap berjalan sebagaimana semestinya.

Meski demikian, Machfud menyatakan kelegaannya karena seluruh pelaku bom bunuh diri di Surabaya telah selesai diidentifikasi dan sudah dimakamkan.

"Yang jelas sekarang ini semua pelaku sudah dimakamkan. Semuanya di situ (pemakaman Mr X, red) karena keluarganya tidak mau nerima," lanjutnya.


Machfud juga menyebutkan jumlah terduga teroris yang diamankan tim Densus 88 Antiteror hingga saat ini mencapai 27 orang. Kini kesemuanya sedang menjalani proses hukum sesuai dengan prosedur.

"Yang sudah diamankan itu diproses hukum. Totalnya 27 orang diproses hukum dan ini masih bekerja terus tidak berhenti semuanya, lagi berjalan. Kan ada prosesnya itu," tambahnya.


Di kesempatan yang sama, Machfud juga berharap permasalahan teroris segera rampung dan tidak lagi mengganggu keamanan di Jatim. Korban bom di Surabaya didoakan Machfud semakin berkurang jumlahnya yang dirawat di rumah sakit.

"Mudah-mudahan terus berkurang korban yang terkena bom, kemaren kira-kira 20 orang, mudah-mudahan terus berkuranglah," tutupnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed