Viral Pengantin Temanggung Diarak Naik Forklift, Begini Faktanya

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 11:22 WIB
Pengantin diarak menggunakan forklift di Temanggung, Minggu (9/1/2022).
Pengantin diarak menggunakan forklift di Temanggung, Minggu (9/1/2022). (Foto: dok Muslihin/warga)
Temanggung -

Pesta pernikahan di Temanggung, Jawa Tengah, viral di media sosial. Betapa tidak, kedua mempelai diarak menggunakan forklift sebelum memasuki pelaminan.

Video pernikahan yang viral ini, salah satunya diunggah di akun Instagram @temanggungzone. Saat dilihat detikcom pukul 10.15 WIB, unggahan ini sudah ditonton sekitar 17.352 warganet.

"Nikah naik Mobil ❌,
Nikah naik forklif ✅," tulis akun instagram @temanggungzone, dalam unggahannya.

Berdasarkan penelusuran detikcom, pasangan pengantin ini adalah Mustafira Laelatul Hana dan Anang Supriyadi, warga Dusun Paingan, Desa Kupen, Kecamatan Pringsurat. Kedua mempelai diketahui tinggal di satu dusun dan hanya beda RT.

Ijab kabul dan resepsi telah berlangsung di rumah mempelai perempuan dan laki-laki pada Minggu (9/1). Iring-iringan yang viral di media sosial tersebut ternyara saat momen pasangan itu dari mempelai perempuan menuju rumah mempelai laki-laki. Jarak rumah kedua mempelai ini sekitar 700 meter.

"Ini (pakai forklift) berawal dari jarak antara mempelai kan tanggung (dekat). Artinya masih satu kampung, tapi sudah beda RT. Kalau kami jalan kaki kasihan pengantinnya, kalau pakai mobil atretnya (mobil saat putar) sudah 5 menit, perjalanan 3 menit," ujar orang tua Fira, Muslihin, saat dihubungi detikcom, Selasa (11/1/2021).

Muslihin menuturkan, forklift yang dipakai tersebut milik bos tempatnya bekerja. Dimana ia dan istrinya sama-sama bekerja di sebuah pabrik pengolahan kayu.

"Kebetulan kami bekerja di plywood terus ada inventaris forklift. Terus terus muncul ide pakai forklift saja," ujarnya.

Prosesi tersebut, kata Muslihin, diawali dengan ijab kabul pukul 08.00 WIB, di masjid kampung setempat. Kemudian dilanjutkan resepsi di rumahnya hingga zuhur.

"Sekitar jam 13.30, kami naik forklift menuju rumah mempelai laki-laki. Mempelai di garpu depan (bagian depan forklift), terus yang di belakang sopir, di tengah. Saya sebelah kiri dan ibunya (istri saya) di sebelah kanan, terus ada pakde di belakang," terang Muslihin.

"Ketika tahu kami bawa forklift, banyak yang loncat naik. Perjalanan sekitar ya hampir 10 menit soalnya tahu forklift tanpa shockbreaker jadi pelan sekali," tuturnya.

Pihaknya tidak menyangka jika iring-iringannya ini bakal viral di medsos. Dia berharap momen itu akan menjadi kenangan kedua mempelai selamanya.

"Iya heboh sekali kemarin itu pas lewat yang mau kondangan nggak jadi (berhenti jalan) nonton dulu," kenangnya.

(aku/sip)