Round-Up

7 Poin Bantahan dan Serangan Balik Terduga Pemerkosa 3 Mahasiswi UMY

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 08:25 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Yogyakarta -

Kasus pemerkosaan yang diduga dilakukan oleh eks aktivis BEM UMY memasuki babak baru. Terduga pelaku pemerkosaan 3 mahasiswi UMY, MKA (OCD), membantah telah melakukan tindak pemerkosaan seperti yang dituduhkan.

1. Bantah pemerkosaan

Salah satu tim pengacara MKA, Nasrullah Nurul Fauzi mengakui kliennya memang melakukan hubungan badan dengan 3 mahasiswi UMY itu. Pihaknya berdalih bahwa hubungan badan itu dilakukan atas dasar suka sama suka.

"Bahwa benar klien kami mengakui adanya perbuatan hubungan badan tersebut dilakukan atas dasar suka sama suka atau mau sama mau tanpa adanya paksaan atau ancaman dari klien kami kepada ketiga terduga korban," kata Nasrullah ditemui di kantor Law Office Manggala & Partners, Jetis, Kota Yogyakarta, Senin (10/1/2022).

2. Serang balik akun pengunggah

Menurutnya, apa yang dituduhkan oleh akun Instagram @dear_umycatcallers dan repost dari akun @hitz.umy terhadap kliennya tidak benar.

"Kami menyayangkan unggahan dari akun itu yang secara terang-terangan menuduh klien kami melakukan pemerkosaan hanya dari cerita ketiga terduga korban tanpa adanya konfirmasi dari klien kami serta alat bukti yang sah dan menguatkan," ucapnya.

Nasrullah melanjutkan, kedua akun itu tidak memiliki kewenangan untuk menyebut klien mereka sebagai pemerkosa. Selain itu, mereka menyayangkan adanya unggahan dari dua akun Instagram itu yang berisi tangkapan layar percakapan WhatsApp antara MKA dan terduga korban pertama dan kedua tanpa melihat isi keseluruhan percakapan tersebut.

"(Di postingan) Itu kan hanya berisi sepotong. Setelah kejadian itu masih ada hubungan (masih berkomunikasi) antara terduga korban dan MKA," ucapnya.

3. Ancam laporkan sejumlah pemilik akun

Sementara itu, tim penasihat hukum MKA berencana melaporkan sejumlah akun Instagram. Akun-akun itu dianggap telah merugikan MKA.

"Kami akan melaporkan akun sosial media Instagram @dear_umycatcallers dan akun sosial media Instagram @hitz.umy yang telah menyebarluaskan foto berikut identitas klien kami dan dengan terang-terangan menggiring opini yang merugikan klien kami," jelas Nasrullah.

Proses pelaporan ini akan dilakukan dalam waktu dekat ke Polda DIY.

"Ke Polda DIY, mungkin dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Selanjutnya: siap bertanggungjawab tapi ngajak mediasi...

Simak Video: Pihak Terduga Pemerkosa Mahasiswi UMY Berdalih Suka Sama Suka

[Gambas:Video 20detik]