Bocah Wisatawan Asal Boyolali Hilang di Pantai Glagah Ditemukan Tewas

Ragil Ajiyanto, Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 13:16 WIB
Proses evakuasi korban hilang di sekitar Dermaga Wisata Pantai Glagah, Temon, Kulon Progo, Kamis (6/1/2022).
Proses evakuasi korban hilang di sekitar Dermaga Wisata Pantai Glagah, Temon, Kulon Progo, Kamis (6/1/2022). (Foto: Jalu Rahman Dewantara)
Kulon Progo -

Satu korban hilang di muara Sungai Serang, kawasan Pantai Glagah, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akhirnya ditemukan. Korban bernama Randinka Putri (9) itu ditemukan dalam kondisi tewas.

Korban pertama kali ditemukan oleh seorang pemancing bernama Sony Susanto (42) warga Notoprajan, Yogyakarta pada pukul 11.30 WIB. Lokasi penemuan berada di sekitar Dermaga Pantai Glagah atau sekitar 1 km dari lokasi awal hilangnya korban.

"Tadinya saya mau mancing, tapi sampai sini, barusan aja kok lihat ada mayat anak kecil, ya langsung saya bilang sama orang-orang di sekitar sini," ujar Sony saat diwawancarai wartawan di lokasi penemuan, Kamis (6/1/2022).

Jasad itu ditemukan mengapung dalam posisi tengkurap di tepian Sungai Serang, tepatnya sebelah selatan dermaga wisata Pantai Glagah. Menurut Sony, sosok mayat itu memiliki ciri-ciri sama dengan wisatawan yang hilang sehari sebelumnya, yakni memakai baju kuning dan celana hitam.


"Pakaiannya masih utuh, pakai baju kuning dan celana legging hitam," ucap Sony

Ditemui terpisah, Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Yogyakarta, Aris Widiatmoko membenarkan penemuan jasad korban hanyut muara Sungai Serang.

"Iya benar bahwa jam 11.30 WIB kita dapat informasi dari Pos SAR Gabungan bahwa telah ditemukan mayat di sebelah timur pos SRI Wilayah V Kulon Progo, atau tepatnya di sekitar dermaga wisata. Setelah kami kroscek, alhamdulillah ini A1 bahwa itu benar korban yang kita cari," kata dia.

"Jasad korban kini telah dievakuasi PMI Kulon Progo menuju RSUD Wates," sambungnya.

Dengan telah ditemukannya korban, maka operasi pencarian oleh tim SAR gabungan resmi dihentikan. Personel Basarnas, SRI Wilayah V Kulon Progo, TNI dan Polri yang terlibat dalam tim tersebut dipulangkan ke markasnya masing-masing.

Diberitakan sebelumnya 4 wisatawan asal Boyolali, Jawa Tengah, hanyut di muara Sungai Serang, kawasan Pantai Glagah, Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu (5/1).

Identitas empat korban adalah Radinka Putri (9), Ismadi (47), Fatih Deandra Auliaska (16) dan Zulfa Ulil Absa (16). Mereka merupakan rombongan wisatawan asal Boyolali, Jawa Tengah. Keempat korban ini juga masih memiliki hubungan kekerabatan.

Korban atas nama Ismadi, dan Zulfa Ulil Absa terselamatkan dan dibawa ke RS Rizki Amalia Temon untuk menjalani perawatan. Sedangkan korban Fatih Deandra Auliaska ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia dan jasadnya telah dibawa ke RSUD Wates. Untuk korban atas nama Radinka Putri sempat hilang dan berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia hari ini.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.