Wisatawan Asal Boyolali Hanyut di Pantai Glagah, 1 Tewas-1 Hilang

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 20:09 WIB
Tim SAR gabungan melakukan pencarian di muara Sungai Serang, Pantai Glagah, Kulon Progo, Rabu (5/1/2022).
Tim SAR gabungan melakukan pencarian di muara Sungai Serang, Pantai Glagah, Kulon Progo, Rabu (5/1/2022). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom
Kulon Progo -

Empat orang wisatawan asal Boyolali hanyut di muara Sungai Serang, kawasan Pantai Glagah, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dua orang selamat, satu meninggal dunia dan satu korban masih dalam pencarian.

"Ya benar telah terjadi laka air di muara Sungai Serang sekitar pukul 17.30 WIB tadi. Ada empat korban, dua ditemukan selamat, satu ditemukan sudah meninggal dunia dan satu lagi masih dalam pencarian," ungkap Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulon Progo, Aris Widiatmoko, saat ditemui wartawan di muara Sungai Serang, Rabu (5/1/2022).

Aris menjelaskan identitas empat korban itu adalah Radinka Putri (9), Ismadi (47), Fatih Deandra Auliaska (16) dan Zulfa Ulil Absa (16). Mereka merupakan rombongan wisatawan asal Boyolali, Jawa Tengah. Keempat korban ini juga masih memiliki hubungan kekerabatan.

"Jadi ini rombongan keluarga besar," ujarnya.

Dikatakan Aris, awalnya rombongan berjumlah 15 orang ini tiba di Pantai Glagah pada pukul 15.00 WIB. Setiba di pantai rombongan tersebut kemudian bermain air di kawasan muara Sungai Serang yang masuk wilayah Glagah. Adapun empat korban menyeberang ke sisi timur muara yang saat itu masih dalam kondisi surut.

Kemudian pada sekitar pukul 17.30 WIB empat korban hendak balik menyeberang ke sebelah barat, tetapi air ternyata sudah tinggi dan arus sungai dari pasang laut makin deras. Mereka tetap berupaya menyeberang namun nahas malah terseret arus.

Aris menjelaskan korban atas nama Ismandi dan Zulfa Ulil Absa terselamatkan dan dibawa ke RS Rizki Amalia Temon untuk menjalani perawatan. Sedangkan korban Fatih Deandra Auliaska ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia dan jasadnya telah dibawa ke RSUD Wates. Sedangkan korban atas nama Radinka Putri masih dalam pencarian.

"Pencarian dilakukan malam ini bersama tim SAR gabungan dari Basarnas Yogyakarta, TNI, Polri serta PMI Kulon Progo," ujar Aris.

(rih/mbr)