Mantap Lur! Miliarder Proyek Tol di Klaten Ini Bangun Musala Buat Petani

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 13:17 WIB
Penampakan musala yang dibangun miliarder proyek Tol Yogya-Solo di klaten
Penampakan musala yang dibangun miliarder proyek Tol Yogya-Solo di Klaten (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Sejumlah warga yang terdampak proyek Tol Yogya-Solo di Klaten, Jawa Tengah mendadak menjadi miliarder. Tak cuma digunakan untuk membangun rumah atau membeli mobil, bahkan ada juga yang membangun musala untuk para petani.

Pantauan detikcom, musala yang dibangun berada di tengah persawahan Desa Kepanjen dan Segaran, Kecamatan Delanggu. Selain tanah kapling yang dibangun warga terdampak tol, ada juga sawah yang ditanami padi.

Tidak tampak ada masjid atau musala di sekitar lokasi tersebut. Masjid terdekat berada di permukiman warga Desa Kepanjen dan Desa Segaran yang cukup jauh dari lokasi.

Bangunan musala yang sedang dibangun itu berada di tepi jalan, dan berukuran sekitar 4x6 meter. Sadino Nur Rohmad mengaku membangun musala karena tak ada tempat beribadah yang layak di sekitar lahan tersebut.

"Saya bangun musala dulu, yang lain nanti belakangan. Suatu saat biar ramai, sebab saya kadang kasihan melihat para petani salat di pematang sawah," kata warga Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Sadino Nur Rohmad, saat ditemui detikcom di rumahnya, Rabu (22/9/2021).

Nur mengatakan lahan dan rumah barunya itu dibangun di Desa Segaran. Letaknya di tengah sawah sehingga jauh dari masjid atau musala.

"Kadang saya lihat petani salat di bawah pohon sana, kadang di pematang sawah atau kadang di tepi saluran irigasi. Sebab jauh dari sini masjid atau musala," sambung Nur.

Nur bercerita membangun musala untuk memfasilitasi para petani atau warga yang sekadar melintas di lokasi tersebut. Menurutnya di dekat lahannya itu, ada warga yang juga terdampak tol sedang membangun rumah.

"Jadi warga yang sedang membangun rumah di sini tidak bingung mencari tempat salat, atau orang yang sedang perjalanan. Harta itu kan titipan Allah, kita jangan lupakan itu," terang Nur.

Dia menambahkan pembangunan rumah barunya saat ini dihentikan sementara. Dia mengaku tengah fokus menyelesaikan pembangunan musala tersebut.

"Rumah nanti dulu saja, yang penting musala selesai dulu. Toh, rumah juga sudah punya satu di Delanggu yang untuk tempat tinggal," tambah Nur.

Nur enggan menjawab ketika ditanya anggaran pembangunan musala miliknya itu. "Yang penting musala selesai dulu. Soal habis berapa tidak saya pikir," terang Nur.

Lihat juga video 'Terima Ganti Rugi Tol, Miliarder Boyolali Ini Pilih Beli Sawah Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya...