Polisi: Kerangka Manusia yang Ditemukan di Pantai Bantul Posisinya Bersila

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 11:13 WIB
Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo (Foto: Pradito R Pertana/detikcom)
Bantul -

Polisi menyebut kerangka manusia saat ditemukan di Pantai Parangkusumo kemarin dalam posisi bersila. Saat ini polisi masih mengidentifikasi kerangka tersebut, pasalnya belum ada laporan orang hilang ke Polsek Kretek.

Kanit Ident Satreskrim Polres Bantul Ipda Tono Wibowo mengaku saat melakukan identifikasi kerangka dalam posisi duduk. Selain itu, pihaknya menemukan pula potongan pakaian di sekitar kerangka.

"Posisi duduk, kaki duduk bersila memakai celana training warna hitam kombinasi list merah dan celana dalam hitam," katanya saat dihubungi detikcom, Rabu (22/9/2021).

Menyoal penemuan tengkorak dengan kerangka tubuh yang terpisah, Tono mengaku bisa jadi informasi itu kurang pas. Pasalnya saat ditemukan posisi tengkorak di atas pasir dan kerangka tertimbun pasir.

"Ditemukan di tempat yg sama, karena sudah jadi tulang akibat pembusukan sendi-sendi tulang waktu dilakukan penggalian terlepas (tengkorak dan kerangka tubuh)," ucapnya.

Terkait identitas kerangka tersebut, Tono mengaku belum bisa mengungkapkannya karena masih dalam proses penyelidikan. Pasalnya semua itu harus berdasarkan hasil identifikasi. "Belum bisa dipastikan nunggu hasil dokter forensik," ujarnya.

Sebelumnya Kapolsek Kretek Kompol S Parmin memberikan tanggapan tanggapan terkait informasi yang beredar menyebutkan kerangka ditemukan dalam posisi bersila. Dia menduga info itu muncul karena posisi kerangka itu terpisah antara badan dan tengkoraknya.

"Tidak (bersila) sepertinya, karena kan pisah itu kepala sama badannya," ucapnya, Selasa (21/9).

Sementara itu, Kasubsektor Angkruksari Iptu Sumanta dari Polsek Kretek Polres Bantul menjelaskan, bahwa hingga saat ini belum ada laporan orang hilang yang masuk ke Polsek Kretek. Untuk itu jika ada yang merasa kehilangan anggota keluarga dengan ciri-ciri tersebut diharap segera melapor ke Polsek.

"Kalau dari Polsek Kretek hingga sekarang belum ada laporan dari warga masyarakat yang kehilangan anggota keluarga," katanya.

Menyoal adanya dugaan apakah kerangka manusia itu merupakan kerangka manusia dari orang yang sedang melakukan ritual kemudian meninggal atau korban pembunuhan, Sumanta belum bisa mengungkapkannya. Mengingat untuk menyimpulkannya harus berdasarkan hasil penyelidikan lebih lanjut dari petugas.

"Memang betul saat ditemukan dalam kondisi bersila, tapi kita belum bisa menentukan apakah itu sedang melakukan ritual. Jadi lebih baik tunggu hasil penyelidikan polres Bantul atau Polsek Kretek," ujarnya.

Simak juga 'Ritual Labuhan Merapi Dihebohkan Penemuan Kerangka Manusia':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/sip)