Hari Pertama Bioskop di Purwokerto Buka, Pengunjung Masih Sepi

Arbi Anugrah - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 15:34 WIB
Suasana hari pertama pembukaan bioskop CGV Purwokerto, Banyumas, Kamis (16/9/2021).
Suasana hari pertama pembukaan bioskop CGV Purwokerto. (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Banyumas -

Hari ini bioskop di Banyumas, Jawa Tengah sudah boleh dibuka sesuai dengan izin pemerintah untuk operasional bioskop di wilayah PPKM level 3. Meski begitu, suasana di bioskop masih tampak sepi pengunjung.

Ada dua bioskop di Kota Purwokerto, yakni CGV Purwokerto, dan Rajawali Cinema. CGV Purwokerto telah dibuka mulai hari ini, sedangkan Rajawali Cinema baru buka lagi pada Jumat (17/9) besok.

Pantauan detikcom di CGV Purwokerto, terlihat beberapa pengunjung yang datang ke bioskop. Tampak beberapa petugas sedang memasang pamflet film yang akan diputar di bioskop tersebut.

Penerapan protokol kesehatan dilakukan sejak memasuki pintu masuk bioskop. Para pengunjung diminta scan aplikasi PeduliLindungi. Terlihat ada beberapa pengunjung yang harus kembali karena tidak bisa masuk ke area bioskop. Salah seorang pengunjung mengaku senang dengan pembukaan bioskop ini.

"Iya sudah tahu dari kemarin (bioskop dibuka). Ok si karena harus dua kali vaksin jadi berani, ini baru pertama kali nonton setelah lama nunggu, terakhir 2019 kayaknya. Perasaannya excited ya, terus juga sepi kan kalau siang, jadi milihnya yang sepi sih biar aman," kata Dion sebelum menonton film di bioskop CGV Purwokerto, Banyumas, Kamis (16/9/2021).

Terpisah, Cinema Manager CGV Purwokerto, Daryanto menyebut pembukaan hari pertama ini masih sepi pengunjung. Menurut catatannya dari lima studio yang berkapasitas total 1.177 kursi, pihaknya baru membuka empat studio.

"Mengikuti peraturan pemerintah maksimal kuota 50 persen di dalam ruangan. Kapasitas studio yang paling kecil 112, yang paling besar 300, masing-masing studio 50 persennya," kata Daryanto.

Untuk uji coba pembukaan bioskop hari pertama ini, pihaknya juga mewajibkan syarat vaksin dua kali dan menginstall aplikasi PeduliLindungi. Hal ini mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2021.

"Sesuai instruksi Mendagri nomor 42 kita sudah uji coba pembukaan bioskop lagi, terus untuk syarat syaratnya protokol kesehatan kita wajib instal aplikasi PeduliLindungi dan harus sudah dua kali vaksin, atau saat kita scan PeduliLindungi sudah hijau, kalau kuning kita masih belum izinkan untuk menonton," ujarnya.

Lihat juga video 'Bioskop Boleh Buka di Daerah PPKM Level 2-3, Ini Syaratnya':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya di halaman berikutnya...