Round-Up

8 Fakta di Balik Tindakan Ustaz Pukuli Sejumlah Santri Bocah di Demak

Mochamad Saifudin - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 08:23 WIB
Demak -

Viral video ustaz berinisial M memukuli sejumlah santri bocah di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Hasil penyelidikan polisi menyatakan bahwa benar santri bocah menerima sejumlah kekerasan pada bagian tubuhnya.

Berikut penelusuran fakta viral video ustaz M yang pukuli santri bocah di Demak:

1. Santri anak-anak di bawah umur

Korban pemukulan pelaku terhadap santri bocah tersebut berada di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Darul Musthofa. Usia santri yang belajar di pesantren tersebut dari usia tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP) sederajat.

"Iya, Polsek Wonosalam, Polres Demak telah melakukan pemeriksaan kepada korban dan beberapa saksi. Sat Reskrim Polres Demak berhasil mengamankan pelaku berinisial M (33), laki-laki, ustaz di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Darul Musthofa,' ujar AKP Agil Widyas Sampurna, Senin (6/9) pagi.


2. Memukuli dengan tangan kosong

Pelaku ustaz berinisial M tersebut memukuli sejumlah santri bocah yang sedang tiduran menggunakan tangan kosong pada malam hari. Pelaku melakukan penamparan, pemukulan, hingga mengangkat salah satu santri yang tengah tiduran dan menempelkannya ke dinding.

"Ustaz M datang ke kamar bagian depan Pondok Pesantren Tahfidz Anak Darul Musthofa untuk mengecek para santri saat jam tidur, tetapi terdapat banyak santri yang belum tidur sehingga pelaku mengingatkan para santri untuk tidur. Tetapi para santri membantah sehingga terjadi pelaku melakukan penganiayaan terhadap para santri dengan cara memukul dan menampar menggunakan tangan kosong," terang Agil, Senin (6/9.


3. Jengkel karena merasa disepelekan

Polisi mengungkap bahwa pelaku ustaz berinisial M merasa jengkel saat mengingatkan santri bocah pada jam tidur, sekitar pukul 22.00 WIB. Ustaz M pun akhirnya marah dan naik pitam karena santri bocah yang diingatkannya tak kunjung tidur, namun malah membantah.

"Banyak santri yang belum tidur sehingga pelaku mengingatkan para santri untuk tidur. Tetapi para santri membantah sehingga terjadi pelaku melakukan penganiayaan terhadap para santri dengan cara memukul dan menampar menggunakan tangan kosong," terang Agil, Senin (6/9).


4. Dijadikan tersangka

Seorang ustaz berinisial M yang viral karena memukuli sejumlah santri bocah di Demak, akhirnya diamankan pihak kepolisian. Polres Demak menetapkan pelaku sebagai tersangka dalam kasus kekerasan terhadap santri bocah.

"Tersangka, untuk status daripada pelaku tersebut. Ancaman hukumannya, karena kami menerapkan Undang-Undang Perlindungan Anak dan KUHP, jadi ancaman hukumannya 3 tahun 6 bulan," jelas Kapolres Demak, AKBP Budy Adhy Buono, kepada wartawan di Mapolres Demak, Senin (6/9).


Selanjutnya: kondisi para korban...