Sengkarut Deposito Miliaran Koperasi di Kudus, Bupati Janji Pantau Pencairan

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 13:26 WIB
Bupati Kudus HM Hartopo, Senin (23/8/2021).
Bupati Kudus HM Hartopo, Jumat (18/6/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)

Dia menjelaskan pihak manajemen sudah menjadwalkan melakukan mediasi dengan Bupati Kudus dan Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM yang membawahi soal koperasi. Alfi pun berjanji akan segera membuka kembali koperasi miliknya yang sempat tutup.

"Kami menjadwalkan, tadi ketemu dengan dinas dan pak bupati akan segera kami buka kembali 6 September 2021 ini," terang Alfi.

"Tapi untuk menghindari kerumunan dan sebagainya kami atur jadwal skedul pelayanannya. Mau tidak mau kami harus membatasi yang datang. Sehingga target kami dana nasabah dan dana anggota ini selesaikan akan kita serahkan," sambung dia.

Alfi mengatakan deposito para anggotanya akan semua dikembalikan. Namun kata dia pengembalian tersebut dilakukan secara bertahap. Ditargetkan dalam kurun setahun pengembalian deposito akan selesai.

"Untuk tiga bulan pertama kami melayani kredit dulu, setelah itu yang simpanan arisan kita bereskan dulu karena banyak," jelasnya.

"Tahapan dana mandiri kita layani dulu, terus tadi saya sampaikan kepada pak bupati kalau deposito simpanan berjangka kita atur bertahap. Di bawah Rp 100 juta dulu, kemudian setelah itu di atas Rp 100 juta dan seterusnya. Insya allah September 2022 rampung," lanjut Alfi.


(sip/ams)