Belasan Pasien Corona Kudus di Donohudan Dilarikan ke RS, 1 Meninggal

Dian Utoro Aji - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 12:43 WIB
Rombongan warga Kudus positif Corona dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan, Rabu (9/6/2021)
Rombongan warga Kudus positif Corona dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan, Rabu (9/6/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Belasan warga Kudus positif virus Corona atau COVID-19 yang menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan dirujuk di rumah sakit. Seorang di antaranya meninggal dunia.

"Ada pasien memang sakit dan dirujuk di RS Jiwa (RSJ) di Solo. Di sana, kondisi seperti ini (pandemi COVID-19) memang dimanfaatkan untuk penanganan pasien COVID-19. Sudah dirujuk di sana, meninggalnya di RSJ Solo," terang Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Mas'ut, di Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Kudus, Kamis (10/6/2021).

"Bernama S (63) warga Mlati Lor, kemungkinan melihat usianya 63 tahun kemungkinan punya penyakit penyerta," sambung dia.

Mas'ut menjelaskan atas kejadian tersebut pihaknya terus melakukan evaluasi terkait pengiriman warga yang menjalani isolasi ke Asrama Haji Donohudan. Mulai dari kriteria gejala, masa isolasi, hingga kondisi warga.

"Saya sudah mengeluarkan SOP kebijakan untuk pemberangkatan Asrama Haji di dalamnya, masih tanpa gejala, konfirmasi dengan gejala ringan, asalnya masih bisa mengusulkan urusan sendiri. Kemudian tidak kondisi hamil, angkatan kedua ada bumil. Kemudian bumil dilarang ke Solo," jelasnya.

"Masa isolasi kurang 7 dari OTG yang bergejala kurang dari 11 hari," sambungnya.

429 Warga Kudus Kena Corona Diisolasi di Donohudan

Mas'ut menjelaskan hingga kini sudah ada 429 orang yang menjalani isolasi mandiri karena terkonfirmasi positif COVID-19 dikirim ke Asrama Haji Donohudan. Dia mengungkap 11 orang di antaranya dirujuk ke rumah sakit di wilayah Solo.

"Ini jumlahnya ada 429 orang, yang masuk ke rumah sakit ada 11 orang, itu termasuk satu yang barusan meninggal," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, satgas penanganan COVID-19 Kabupaten Kudus kembali memberangkatkan ratusan warga yang isolasi mandiri ke Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah. Namun sebelum diberangkatkan ada satu orang harus dirujuk ke orang sakit RUSD Kudus.

"Pemberangkatan hari ini, Rabu 9 Juni 2021, kita keberangkatan 125 warga masyarakat konfirmasi positif yang terdiri 61 laki-laki dan 64 perempuan. Sehingga sampai dengan ini tiga angkatan kemarin kita berarti sudah berangkatkan 304 ditambah 125 malam ini. Sehingga total yang kita berangkat ke Asrama Haji Donohudan menjalani isolasi terpusat sejumlah 429 orang," kata Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Mas'ut kepada wartawan selepas memberangkatkan warga isolasi mandiri ke Asrama Haji Donohudan dari Rusunawa Kudus, Rabu (9/6).

Simak juga video 'TNI-Polri Ubah Pola Evakuasi Pasien Covid Kudus':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)