Puluhan Pedagang Pasar Cinderamata Solo Dites Swab, 5 Orang Positif

Ari Purnomo - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 11:44 WIB
Puluhan pedagang dari luar kota di Pasar Cinderamata Solo dites swab, Kamis (10/6/2021).
Tes swab puluhan pedagang di Pasar Cinderamata Solo. (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Sebanyak lima orang pedagang di Pasar Cinderamata, Solo, Jawa Tengah (Jateng) terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Kasus ini ditemukan setelah Satgas Penanganan COVID-19 melaksanakan tes swab antigen terhadap 55 pedagang dari luar Solo.

"Tadi swab dilakukan di dua lokasi, pertama di pasar kacamata yang ada di dekat Polsek dan di Pasar Cinderamata totalnya 55, dan yang positif sebanyak 5 orang," ujar Kabid Pasar Dinas Perdagangan (Disda) Kota Solo Sugeng Budi Prasetyo kepada wartawan ditemui di lokasi, Kamis (10/6/2021).

Sugeng mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan seminggu tiga kali. Sebanyak 55 pedagang dari luar kota yang di-swab antigen hari ini merupakan pedagang dari Pekalongan dan Jepara.

Sedangkan, keseluruhan pedagang yang terkonfirmasi positif COVID-19 merupakan pedagang dari Jepara. Sugeng menduga para pedagang yang mengirimkan barang ke Pasar Cinderamata terpapar Corona bukan di Solo.

Puluhan pedagang dari luar kota di Pasar Cinderamata Solo dites swab, Kamis (10/6/2021).Puluhan pedagang dari luar kota yang berjualan di Pasar Cinderamata Solo dites swab, Kamis (10/6/2021). (Foto: Ari Purnomo/detikcom)

"Pedagang dari luar kota yang sudah terpapar di sana, jadi terpaparnya bukan dari sini. Justru membawa dari sana dan dibawa ke sini," katanya.

Pedagang yang Positif Corona Dibawa ke Donohudan

Selanjutnya, kelima pedagang yang positif COVID-19 dibawa ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali untuk dilakukan karantina. Sementara terkait dengan operasional pasar, Sugeng mengungkap masih belum ada kebijakan yang diambil.

"Nanti kebijaksanaan seperti apa, kami masih menunggu. Apakah nanti ada pembatasan pedagang dari luar kota atau dari wilayah zona merah kita masih menunggu," ucapnya.

(sip/sip)